Kemendikbud Luncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi

    Ilham Pratama Putra - 03 Maret 2021 10:09 WIB
    Kemendikbud Luncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi
    Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril. Zoom



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program guru belajar dan berbagi. Kemendikbud ingin memfasilitasi para guru agar saling bahu membahu menciptakan pembelajaran yang baik di tengah pandemi.

    "Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan meluncurkan inovasi layanan berbasis digital, di antaranya guru berbagi dan guru belajar," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, Iwan Syahril dalam webinar Peluncuran Guru Belajar dan Berbagi, Rabu, 3 Maret 2021.






    Iwan mengatakan, program ini bertujuan membantu guru-guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan berbagai pemangku kepentingan, agar bisa berdaya bersama menghadapi pandemi covid-19.

    Baca: Regenerasi Guru di Pontianak Tak Seimbang

    Layanan ini diharapkan bakal mempercepat adaptasi guru dalam memanfaatkan teknologi. Sebab di tengah pandemi, pembelajaran yang memanfaatkan teknologi memang menjadi suatu keniscayaan.

    "Khususnya untuk memastikan bahwa pembelajaran anak-anak kita yang tercinta tetap berlangsung, walaupun dengan segala keterbatasan yang kita hadapi," terang dia.

    Iwan berharap ke depan guru dapat melakukan inovasi pembelajaran berbasis digital. Ia pun mendorong guru untuk terus belajar mengembangkan model pembelajaran melalui program ini.

    Guru diharapkan bisa bergotong-royong, berbagi ide, praktik baik pembelajaran melalui berbagai macam bimbingan teknis, pendidikan dan pelatihan. Selain itu, berbagi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) artikel-artikel, video pembelajaran dan aksi-aksi.

    Baca: PGRI Minta Syarat Vaksinasi Guru Dipermudah, Tak Perlu Dapodik

    "Hadir sebagai fasilitas belajar dan berbagi agar anak-anak Indonesia mendapatkan pendidikan yang lebih baik dari guru-guru yang gemar belajar," lanjut dia.

    Para guru dapat mengakses program ini pada laman gurubelajardanberbagi.kemendikbud.go.id. Dalam laman itu juga disediakan seri belajar kepada calon guru Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan direkrut sebanyak satu juta guru pada tahun ini.

    "Hal ini merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap program ASN PPPK sebagai upaya pemerintah untuk membantu guru dan mempersiapkan diri dalam proses seleksi," tutup Iwan.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id