comscore

Cerita Guru Rancang Pratikum IPA dari Rumah

Ilham Pratama Putra - 24 November 2021 11:45 WIB
Cerita Guru Rancang Pratikum IPA dari Rumah
Guru IPA, SMP Cinta Budaya Deli Serdang, Putrina Sidabutar. Foto: Tangkapan layar. Meddcom.id/Ilham Pratama Putra.
Jakarta: Pandemi covid-19 memaksa guru dan siswa menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bagi guru maupun siswa, tentu menjalankan PJJ memiliki tantangan yang sangat besar. 

Terlebih, jika mata pelajaran yang mesti dijalankankan membutuhkan kegiatan pratik. Hal itulah yang dirasakan kontributor 'ayo guru berbagi', guru IPA, SMP Cinta Budaya Deli Serdang, Putrina Sidabutar.

 



"Harusnya kan belajar IPA itu bisa dirasakan oleh anak-anak itu. Ketika teori terus kita seolah ngasi dongeng dan ilusi," kata dia dalam webinar Festival Ayo Guru Berbagi, Selasa, 23 November 2021. 

Menurutnya, tak bisa memberikan pembelajaran praktik bagu guru IPA adalah sebuah kegalauan. Makanya, dia pun mencari ide bagaimana agar kegiatan praktik bisa tetap berjalan meskipun dari rumah.

"Ini sekaligus kita ingin memberikan solusi untuk siswa dan orang tua yang mulai mengeluh karena pembelajaran daring mulai terasa membosankan," sebutnya.

Baca: Nadiem Terbitkan Panduan Upacara Hari Guru Nasional 2021, Ini Bunyinya

Akhirnya, Putrina dan beberapa guru di sekolah tersebut melakukan diskusi untuk menghadirkan inovasi pembelajaran. Dan tak sengaja dia menemukan ide membetikan mateti praktik sederhana yang bisa dilakukan anak di rumah, sesuai dengan komptensi pembelajaran.

"Jadi waktu sedang diskusi itu, di meja sebelah saya ada minuman warna-warni berlapis begitu. Saya pikir ini setiap warna bisa berlapis-lapis di dalam gelas karena memiliki massa jenis," terangnya.

Kemudian Putriana melemparkan ide praktik tersebut kepada siswanya. Siswanya pun kata dia menyambut semangat.

Baca: Meriahkan Hari Guru Nasional 2021, Nadiem Ajak Gaungkan Tagar #BergerakDenganHati

Dia menjelaskan jika keberadaan air berwaran itu bisa disusun. Sebab, setiap warna memiliki massa jenis yang berbeda dari takaran gelasnya. Hal itu serupa dengan teori massa jenis milik Archimedes. "Karena itu saya sebut pratikum ini minuman berlapis Archimedes 2021," tuturnya. 

Dia pun akhirnya membuat daftar keperluan pratikum dan disampaikan lewat grup Whatsapp. Dia mencari bahan pratikum yang mudah dan murah.

Ia mengatakan, bahan yang dibutuhkan hanya air, pewarna makanan dan gula. Siswa diminta memberikan takaran gula yang berbeda-beda untuk setiap warna. Warna dengan takaran gula paling banyak dituangkan terlebih dahuli ke dalam gelas yang sudah diisi es.

"Anak-anak semangat dan mulai mengirim foto hasil minuman berlapis mereka. Hasil-hasil pratik juga dimuat diinstagram sekolah. sekarang ini masuk IG, masuk medsos itu kebanggaan. Lewat praktik ini, saya berharap anak-anak belajar ddari masa lalu tapi bisa berlaku di abad sekarang, belajar di masa lalu, tapi update masa sekarng," tutupnya.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id