P2G Sebut Ada Guru Honorer Tak Aktif Bisa Daftar PPPK

    Ilham Pratama Putra - 15 September 2021 14:02 WIB
    P2G Sebut Ada Guru Honorer Tak Aktif Bisa Daftar PPPK
    Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim. Zoom



    Jakarta: Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menyebut menemukan sejumlah kejanggalan dalam pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru. Salah satunya, ada guru honorer yang sudah tidak aktif mengajar, namun tetap bisa ikut seleksi.

    "Persoalan guru honorer yang sudah berhenti mengajar alias sudah off sejak tiga tahun lalu, tapi namanya muncul sebagai calon peserta Seleksi PPPK ini kan aneh," kata Koordinator Nasional P2G, Satriwan Salim dalam keterangannya, Rabu 15 September 2021.

     



    Menurutnya, hal tersebut tidak adil buat guru honorer yang secara terus menerus mengabdi. "Berpotensi menyingkirkan guru honorer yang mengajar," tambahnya.

    Selain itu, pihaknya juga melihat kejanggalan soal orientasi penerimaan. Satriwan menyebut prioritas pertimbangan tidak berdasarkan kondisi dan kebutuhan di lapangan.

    Baca: P2G: Masalah Pelaksanaan Seleksi PPPK Bikin Stres Guru

    "Celakanya, data kebutuhan tidak berbasis kondisi lapangan. Ada fakta misalnya, guru sejarah PNS cuma satu dan tahun depan pensiun. Formasi yang dibuka adalah mata pelajaran geografi, yang mana jumlah kebutuhan yang sebenarnya hanya satu tapi tertulis dua," terang dia.

    Menurut dia, dengan situasi tersebut bisa saja guru memilih mengorbankan kompetensi keahlian, bidang studi, dan sertifikasinya, agar bisa masuk lewat jalur mata pelajaran yang dibuka lebih banyak. Menurut Satriwan, hal tersebut akan menyalahi Undang-Undang (UU) Guru dan Dosen tentang kompetensi dan profesionalitas guru.

    "Akan mengacaukan kompetensi guru. Dan memaksa guru nantinya untuk kuliah lagi dan sertifikasi ulang, bisa saja terjadi. Rasanya akan merusak eksosistem sekolah dan guru," tutur dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id