comscore

Kemendikbudristek Jamin Kepastian Gaji, Tunjangan Hingga THR Guru PPPK

Ilham Pratama Putra - 12 April 2022 19:38 WIB
Kemendikbudristek Jamin Kepastian Gaji, Tunjangan Hingga THR Guru PPPK
Ilustrasi: MI/Gino Hadi
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memberikan Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu No. S-98/PK/2021 tertanggal 25 Juni 2021. Dalam SE tersebut dijelaskan mengenai perhitungan gaji guru PPPK dalam alokasi tahun anggaran 2021.

Di samping itu, Kemendikburistek bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait. Pemda diminta segera melaksanakan pengangkatan PPPK sesuai dengan formasi yang sudah ditetapkan KemenPANRB, serta merealisasikan pembayaran gaji dan tunjangan guru PPPK sesuai dengan ketentuan yang sudah ada.
Untuk anggaran formasi tahun 2022, Dirjen GTK Kemendikbudristek, Iwan Syahril menyebut, Kemenkeu telah mengeluarkan Surat Edaran Dirjen Perimbangan Keuangan No. S-204/PK/2021 tertanggal 13 Desember 2021 yang ditujukan kepada kepala daerah. Isinya tentang Perhitungan Anggaran PPPK Guru dalam Alokasi Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2022.

“Kebutuhan gaji pokok PPPK guru 2022 sebanyak 14 bulan, termasuk Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13, dengan asumsi guru yang lulus tahun 2021 mulai digaji pada Januari 2022. Sedangkan untuk guru yang lulus tahun 2022, mulai digaji pada Oktober 2022 sehingga akan mendapatkan tiga bulan gaji,” ucap Iwan dalam Rapat Panja Komisi X DPR RI, Senin 11 April 2022.  

Iwan juga menegaskan, alokasi dana yang telah diperhitungkan dalam alokasi DAU 2021 dan alokasi DAU 2022 untuk PPPK Guru bersifat earmarked. Yang artinya tidak bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

"Untuk itu, pemerintah pusat berharap agar Pemda untuk sesegera mungkin mengajukan formasi guru PPPK tahun 2022," jelas dia.

Saat ini pihaknya membuka 758.018 formasi guru PPPK 2022.  Namun hingga saat ini, pemerintah daerah (pemda) baru mengusulkan sebanyak 17,3 persen atau 131.239.

Baca juga:  Kemendikbudristek Buka 758 Ribu Formasi Guru PPPK di 2022

Dalam upaya meningkatkan jumlah formasi yang diusulkan, pihaknya akan melakukan koordinasi kendali dengan Pemda. Saat ini pihaknya masih menunggu aturan baru mengenai seleksi PPPK.

"Kami menunggu mekanisme baru seleksi PPPPK untuk kemudian kita sosialisasikan ke Pemda sesegera mungkin," tutupnya.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id