Nadiem: Jutaan Guru Keluar dari Zona Nyaman Selama Pandemi

    Ilham Pratama Putra - 03 Mei 2021 11:21 WIB
    Nadiem: Jutaan Guru Keluar dari Zona Nyaman Selama Pandemi
    Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Zoom



    Jakarta: Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim menyebut pandemi covid-19 telah membuat guru harus beradaptasi dengan berbagai model pembelajaran. Model pembelajaran selama pandemi yang mengandalkan teknologi, seolah memaksa guru keluar dari zona nyaman.

    "Pandemi mendorong banyak guru, jutaan guru di Indonesia keluar dari zona nyamannya," kata Nadiem dalam International Webinar By 7 SEAMEO Centres Indonesia, Senin, 3 Mei 2021.






    Pemanfaatan teknologi itu sendiri, kata Nadiem, didorong karena guru harus mengajar dengan model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Guru harus beradaptasi dengan cepat menjadikan teknologi sebagai alat utama dalam mengajar.

    Bahkan Nadiem menyebut, penggunaan teknologi sebagai langkah kritis satu-satunya saat PJJ. Secara cepat guru mengakselerasi diri menggunakan teknologi.

    "Bukan cuma teknologinya, guru secara cepat belajar berbagai platform. Itu tantangan yang harus kita hadapi," jelas Nadiem.

    Baca juga:  Isi Pidato Lengkap Nadiem Makarim di Hardiknas 2021

    Mau tidak mau, suka tidak suka pemanfaatan teknologi adalah salah satu cara paling efektif agar pendidikan tetap berlangsung di tengah pandemi. Jika tidak, kesenjangan di dunia pendidikan Indonesia semakin melebar.

    "Bagaimana kita terus mendorong mencari keefektifan belajar, menggunakan teknlogi, beradaptasi, memecah gap," tutup Nadiem. 


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id