comscore

Pertama Sepanjang Sejarah, Kemenag Beri Tanda Mata untuk Pemda Peduli Guru PAI

Citra Larasati - 22 Mei 2022 12:52 WIB
Pertama Sepanjang Sejarah, Kemenag Beri Tanda Mata untuk Pemda Peduli Guru PAI
Wakil Menteri Agama. Zainut Tauhid Sa'adi. Foto: Kemenag
Jakarta:  Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi mengapresiasi kepedulian dan kontribusi Pemerintah Daerah, baik provinsi dan kabupaten/kota, dalam pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) terhadap guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah.  Kemenag memberikan tanda mata sebagai wujud apresiasi untuk para Kepala Daerah.

“Saya ucapkan ribuan terima kasih kepada para Kepala Daerah yang telah terlibat aktif dalam mendukung penyelenggaraan PPG PAI Tahun 2021 dan Tahun 2022, dan semoga pula tahun-tahun selanjutnya,” kata Wamenag dalam keterangan persnya, Minggu, 22 Mei 2022.
Terkait dengan tanda mata tersebut, Zainut mengatakan, jika ini memang tidak biasa terjadi.  "Barangkali sepanjang sejarah Kementerian Agama kegiatan seperti ini baru pertama kali diselenggarakan,” terangnya.

Menurut Wamenag, program PPG PAI diselenggarakan dan dikembangkan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dengan mengacu kepada Standar Pendidikan Guru yang mencakup standar pendidikan, standar penelitian, dan standar pengabdian kepada masyarakat.  “Program ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas Guru PAI dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan di bidangnya,” jelasnya.

Dalam praktiknya, lanjut Zainut, pelaksanaan PPG PAI membutuhkan komitmen semua unsur baik dari tingkat pusat, daerah, sampai tingkat satuan pendidikan. “Untuk itu, kesepahaman antar seluruh stakeholder dalam penyelenggaraan sangat diperlukan. Sinergitas Kemenag dan Pemda wujudkan profesionalitas guru PAI,” tuturnya.

“Hari ini, dalam momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional, menjadi kesempatan yang tepat untuk menghadirkan kembali PAI dalam ruang-ruang kebangsaan dengan dilandasi nilai-nilai moderasi beragama,” sambungnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani menambahkan, pada 2021, terdapat tujuh Pemerintah Provinsi dan 110 Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan PPG PAI 2021. Total anggaran mencapai Rp15.875.000.000 untuk 3.175 Guru Peserta PPG. Jumlah ini terdiri atas bantuan Pemprov untuk 359 Guru dengan anggaran Rp1.795.000.000,- dan bantuan Pemda/Pemkot untuk 2.816 Guru dengan total anggaran Rp14.080.000.000,-. 

“Pemerintah Daerah/Kota pemberi kontribusi terbesar PPG PAI 2021 adalah Pemerintah Kabupaten Bogor dengan hibah Rp1.245.000.000 untuk 249 Guru dan Pemerintah Provinsi pemberi kontribusi terbesar adalah provinsi Sumatra Selatan dengan hibah Rp885.000.000,- untuk 177 orang Guru,” jelas Ramdhani.

Baca juga: Harkitnas, Kemenag Bakal Ganjar Tanda Mata untuk Pemda Peduli PAI

Kegiatan pemberian Tanda Mata dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Bali, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Gubernur/Bupati/Walikota yang hadir atau yang mewakili dan Sekretaris Ditjen Pendis, Para Rektor dan Dekan FTIK PTKI se-Indonesia, Kepala Bidang PAIS/PAKIS/PENDIS se-Indonesia.

(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id