comscore

Public Speaking Penting Buat Guru, Simak Manfaat dan Tips Bicara di Depan Kelas

Renatha Swasty - 05 Mei 2022 18:07 WIB
<i>Public Speaking</i> Penting Buat Guru, Simak Manfaat dan Tips Bicara di Depan Kelas
Ilustrasi guru. MI/Gino Hadi
Jakarta: Keterampilan public speaking atau berbicara di depan umum merupakan salah satu soft skill penting yang harus dimiliki setiap orang, termasuk guru. Kemampuan ini dapat membantu seseorang membangun hubungan erat, berkomunikasi dengan baik dan jelas, serta meningkatkan kepercayaan diri ketika menyampaikan gagasan.

Keterampilan berbicara bagi guru penting. Hal itu agar ketika menyampaikan materi pelajaran, siswa dapat menangkap pesan dan informasi dengan mudah karena guru dapat berkomunikasi dengan efektif dan efisien.
Keterampilan public speaking yang baik akan membuat guru percaya diri dan mampu menyampaikan informasi atau materi dengan optimal. Berikut manfaat public speaking bagi guru dikutip dari Aku Pintar:

1. Berbicara lebih terstruktur dan terarah

Potensi guru tiba-tiba blank atau berbicara di luar topik sangat kecil karena dalam public speaking diajarkan membuat materi, termasuk materi pembuka, materi inti, dan materi penutup. Sehingga, guru dapat berbicara di depan umum dengan lebih santai.

2. Mampu berbicara di berbagai forum selain kelas

Sebagai seorang guru, pasti akan ada kesempatan berbagi pengalaman dan juga praktik baik mengajar di forum guru, komunitas guru, dan lain sebagainya.

3. Lebih percaya diri

Saat berbicara di depan umum lebih percaya diri karena sudah memiliki tips dan trik public speaking guru.

Untuk mengasah kemampuan public speaking, diperlukan latihan atau bahkan kursus. Tidak dapat dipungkiri, sampai saat ini tak sedikit guru masih kesulitan mengajar atau merasa gugup ketika menyampaikan materi di depan kelas.

Khususnya, guru-guru muda yang baru memulai karier mengajar. Hal tersebut dapat membuat penyampaian materi jadi tidak maksimal dan siswa sulit menangkap materi yang diajarkan.

Agar tidak gugup saat mengajar dan guru percaya diri ketika berbicara di depan kelas, berikut tips dan trik public speaking:

1. Kuasai materi yang akan disampaikan

Tenaga pengajar harus menguasai public speaking supaya mampu menyampaikan materi pelajaran dengan baik. Guru harus mampu menguasai materi yang akan diajarkan dengan baik.

Salah satu penyebab guru gugup atau grogi ketika berbicara di depan umum karena tidak menguasai materi dengan baik sehingga bingung apa yang harus dibicarakan. Sebelum memulai mengajar, guru harus benar-benar yakin sudah menguasai materi yang akan diajarkan.

Siswa akan mengalami kesulitan untuk memahami materi pelajaran bila guru yang menerangkan tidak mengerti penuh materi yang dijelaskan. Guru juga mesti menyampaikan  aspek WHY atau mengapa siswa harus mempelajari materi tersebut.

Siswa perlu tahu manfaat yang didapat setelah mempelajari materi supaya mereka tetap termotivasi belajar. Akan lebih baik lagi bila guru menghubungkan materi pelajaran dengan kondisi masa kini atau keadaan di dunia nyata supaya lebih mudah dimengerti siswa.

Kaitkan manfaat materi yang sedang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari atau dengan masa depan. Hal ini akan menunjukkan kesiapan guru dalam mengajar dan menguasai materi sehingga semua pelajaran akan tersampaikan dengan baik.

2. Jadilah teman bagi siswa

Hal ini supaya komunikasi antara guru dan siswa tidak terlalu kaku dan formal. Siswa akan merasa lebih dekat dengan gurunya sehingga mereka lebih terbuka dan guru lebih mudah menggali informasi tentang kebutuhan siswa dalam menerima materi, karakteristik siswa, dan gaya belajar siswa.

Sehingga, siswa merasa lebih nyaman dan mudah memahami materi atau informasi yang disampaikan. Ketika berbicara atau berdiskusi dengan siswa jangan segan-segan mengajukan pertanyaan dan memberi apresiasi baik kepada siswa yang bisa menjawab dengan aktif maupun pasif. Berkomunikasi dengan siswa di kelas juga menjadi cara melatih public speaking untuk guru.

3. Gunakan media pembelajaran atau alat bantu lainnya

Belajar public speaking bagi guru tidak hanya sekadar berbicara. Setelah membuat persiapan yang matang, hal lain yang dapat menunjang performa guru dalam menyampaikan materi atau informasi kepada siswa adalah media pembelajaran.

Guru dapat memanfaatkan teknologi dan melakukan demonstrasi supaya kelas lebih menarik dan tidak monoton. Persiapkan cerita–cerita yang menarik dan inspiratif yang dapat membuat siswa penasaran sehingga mereka merasa tertarik dan antusias dengan materi yang akan diajarkan. Media pembelajaran yang dapat digunakan, misalnya power point, alat peraga, gambar, dan lain sebagainya.

4. Jaga kontak mata dan cara berbicara

Dalam public speaking, sangat penting bagi guru untuk selalu menjaga kontak mata dengan siswa dan cara berbicara yang meliputi intonasi dan penekanan-penekanan pada hal-hal penting yang harus diketahui siswa. Jangan sekali-sekali berbicara sambil membelakangi siswa atau sambil menghadap papan tulis.

Kontak mata akan dapat membangun hubungan yang baik antara siswa dan guru karena siswa merasa terlibat dalam pembelajaran, diajak bicara, dan merasa diperhatikan oleh gurunya. Hasilnya adalah siswa juga akan lebih memperhatikan guru dan fokus pada pelajaran.

Cara berbicara guru, selain intonasi yang harus diperhatikan juga adalah volume dan nada bicara. Ketiga aspek ini akan dapat dampak yang besar bagi public speaking guru.

Jika menggunakan volume suara terlalu rendah atau pelan akan membuat siswa kesulitan mendengar dan menangkap informasi yang disampaikan. Sebaliknya, jika volume terlalu keras dan berapi-api siswa akan merasa terintimidasi dan kurang nyaman.

Permainan intonasi dan nada bicara akan menjauhkan rasa bosan dan jenuh bagi siswa
mendengarkan penjelasan.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Cara melatih public speaking supaya dapat berbicara dengan nyaman di depan umum selain empat poin di atas, hal lain yang harus diperhatikan adalah menggunakan pakaian dan aksesoris yang nyaman. Penampilan guru saat berbicara di depan kelas juga dapat menjadi faktor yang meningkatkan kepercayaan diri guru.

Untuk itu, pilihlah pakaian yang nyaman, enak dilihat, dan sopan ketika mengajar atau menjadi pembicara dalam forum-forum lainnya.

6. Perhatikan gesture

Selain kontak mata dan cara bicara, guru harus memperhatikan gesture atau bahasa tubuh ketika sedang berbicara. Contoh gesture yang membuat public speaking guru sukses antara lain: postur tubuh, gerakan tangan, dan jari, gerakan kepala, dan pergerakan atau perpindahan posisi saat berbicara.

Tetapi, jangan berlebihan ketika menggunakan gesture. Alih-alih membuat siswa fokus, malah akan membuat siswa terdistraksi dengan gerakan-gerakan berlebihan.

Demikian tips dan trik public speaking guru. Melatih public speaking untuk guru tidak bisa instan. Dibutuhkan waktu dan latihan yang berkelanjutan untuk membangun keterampilan public speaking yang baik.

Manfaatkan forum guru seperti MGMP dan komunitas-komunitas guru sebagai ajang berlatih public speaking. Jika memungkinkan, juga dapat mengikuti pelatihan-pelatihan public speaking yang diselenggarakan baik untuk guru maupun untuk umum.

Baca: Beasiswa Microcredential dan BPI 2022 Dibuka, Siap Fasilitasi Guru Tingkatkan Kualifikasi
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id