6 Fakta Menarik Guru Nuri yang Rumahnya Jadi Tempat Nadiem Menginap

    Ilham Pratama Putra - 16 September 2021 15:09 WIB
    6 Fakta Menarik Guru Nuri yang Rumahnya Jadi Tempat Nadiem Menginap
    Guru SD Negeri Jetisharjo, Khoiry Nuria Widyaningrum. Foto: Dok. Zoom



    Jakarta: Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim berkunjung dan menginap di rumah salah seorang guru SD Negeri Jetisharjo, Khoiry Nuria Widyaningrum, Senin 13 September 2022. Dia merupakan salah satu guru yang mengikuti program pendidikan Guru Penggerak yang digagas Nadiem.

    Guru yang akrab disapa Nuri itu sontak viral di media sosial akibat kunjungan Nadiem ke rumahnya. Dia masih tak percaya seorang Menteri berkunjung bahkan menginap di rumahnya ketika dihubungi Medcom.id, Selasa 14 September 2021. 

     



    Namun tidak banyak yang tahu siapa sosok guru yang akrab disapa Nuri ini.  Berikut Lebih enam fakta menarik tentang guru Nuri yang terungkap dalam konferensi pers 'Bu Nuri, Guru Komunitas GSM':

    1. Terdaftar sebagai calon guru penggerak angkatan I

    Nuri diketahui mengikuti program Guru Penggerak yang digagas Nadiem dalam episode Merdeka Belajar. Nuri tercatat sebagai calon guru penggerak angkatan pertama.

    Nuri menyatakan, jika dirinya merupakan satu di antara 19 guru yang lolos dalam seleksi calon guru penggerak di Sleman. Diketahui ada 115 guru yang mengikuti seleksi Guru Penggerak tersebut di wilayahnya.

    Karena tercatat sebagai Guru Penggerak itu pula, Nadiem mengunjunginya. Tim Nadiem beralasan, jika pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi secara langsung di rumah Nuri. Namun dia tak menyangka satu orang dari tim tersebut ialah Menteri Nadiem.

    2. Menjadi guru honorer sejak 2007

    Nuri memulai profesinya sejak 2007. Awalnya, ia mengajar di salah satu sekolah swasta. Kemudian pada 2015 Nuri sempat menjadi kepala sekolah di sekolah swasta tersebut.

    Kemudian di 2019, Nuri mendapat kesempatan untuk melepas status guru honorenya. Lulus menjadi guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) Nuri ditempatkan mengajar di SD Negeri Jetisharjo.

    Baca juga: Tidur di Sebelah Kandang Ayam, Nadiem Mengaku Nyenyak Nginap di Rumah Guru

    3. Lahir dari keluarga guru

    Nuri lahir dari keluarga guru. Setidaknya Nuri merupakan guru generasi ketiga di keluarganya. Neneknya juga merupakan seorang guru, begitu pula dengan orang tuanya. Pun ternyata, Nuri pun bersuamikan seorang guru.

    4. Bercita-cita jadi guru sejak SMA

    Impian menjadi guru ternyata sudah dimiliki Nuri sejak SMA. Sejak di bangku sekolah Nuri sangat senang mengajar. Dia pun dulu sempat membantu mengajar ngaji di Taman Pendidikan Al-quran.

    Bahkan ketika sekolah, Nuri sudah dicap sebagai seorang guru oleh teman-temannya. Cita-cita menjadi guru itu kini berhasil diwujudkan Nuri.

    5. Aktif Organisasi

    Nuri tak hanya fokus mengajar. Dia pun turut aktif berorganisasi. Nuri menjadi salah satu anggota di komunitas Guru Sekolah Menyenangkan (GSM).

    Dia bergabung sejak awal pembentukan GSM di 2016. Di sana Nuri mempelajari berbagai metode untuk mengajar dengan cara yang menyenangkan. Dia bersama GSM bergerak untuk berbagi kepada guru untuk menciptakan apa metode belajar yang terus adaptif.

    6. Lulusan S2 Manajemen Pendidikan UAD

    Nuri menyelesaikan S1 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan jurusan pendidikan Biologi. Nuri pun melanjutkan studi S2-nya di Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Di UAD, ia merupakan lulusan manajemen pendidikan.

    Kini sebagai guru di SD Negeri Jetisharjo, Nuri ditempatkan sebagai guru kelas di kelas 5. Nuti mengajar untuk seluruh mata pelajaran kecuali olahraga dan agama.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id