5 Juta Guru Ditargetkan Dapat Vaksinasi Covid-19

    Ilham Pratama Putra - 24 Februari 2021 10:40 WIB
    5 Juta Guru Ditargetkan Dapat Vaksinasi Covid-19
    Suasana vaksinasi covid-19 untuk guru, berlokasi di SMAN 70 Jakarta. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan vaksinasi covid-19 kepada Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) hari ini. Pada tahap awal, sebanyak 600 GTK bakal diberikan vaksin.

    Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi menyebut kedepan vaksinasi kepada GTK akan terus dilanjutkan. Target terdekat, akan ada 5 juta guru yang bakal disuntik vaksin di Indonesia




    "(Kuota awal) yang seperti diketahui yang diumumkan itu kan lima juta sekian (guru). Bagaimana distribusi dan sebagainya itu kan bukan kewenangan saya," kata Unifah di lokasi vaksin SMA N 70 Jakarta, Rabu 24 Februari 2021.

    Yang jelas kata dia, pihak PGRI akan membantu agar program vaksin terhadap GTK berjalan lancar. GTK harus memiliki rasa antusias dan tanggung jawab sebagai pengajar untuk diberikan vaksin.

    Baca: 600 Guru Disuntik Vaksin Hari ini di SMAN 70 Jakarta

    Sementara, itu 600 GTK yang hadir pada pemberian vaksin hari ini datang dari berbagai unsur guru. Baik guru ASN, honorer, perwakilan guru organisasi, hingga guru-guru sekolah keagamaan.

    "Sementara ini saja juga di sekitar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi beberapa. Ini untuk memberikan mereka kesempatan dan merasakan keadilan ingin divaksin. Mereka amat sangat antusias untuk mengikuti," tutup Unifah.

    Seremonial penyelenggaraan vaksinasi pada Guru dan Tenaga Kependidikan ini pun rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan  dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim hingga para pejabat di Kemendikbud. 

    Pantauan di lokasi, terdapat beberapa unsur guru yang akan divaksin diantaranya dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) hingga Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

    Program vaksinasi Covid-19 sudah memasuki tahap kedua dengan menyasar pelayan publik dan lansia. Sekitar 17 juta pelayan publik seperti guru, TNI, dan Polri siap divaksinasi pada tahap ke dua ini. Lebih dari 21 juta warga negara lanjut usia di atas 60 tahun mulai mendapatkan vaksinasi dosis pertama di tahap ini.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id