Nadiem: CPNS Guru Akan Tetap Ada

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 05 Januari 2021 13:01 WIB
    Nadiem: CPNS Guru Akan Tetap Ada
    Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
    Jakarta:  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim akhirnya angkat bicara terkait ramainya isu penghapusan formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk guru. Nadiem menegaskan bahwa formasi CPNS Guru tetap ada.

    “Saya menegaskan bahwa formasi CPNS Guru ke depan tetap akan ada, karena kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),” tegas Nadiem dalam unggahan di akun Instagramnya @nadiemmakarim, Selasa, 5 Januari 2021.

    Menurut Nadiem, telah terjadi mispersepsi soal tidak adanya formasi CPNS Guru tersebut. Nadiem pun menyebut bahwa persepsi yang beredar selama ini adalah salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

    “Ingin saya koreksi mispresepsi di media, bahwa tidak ada lagi formasi CPNS guru, ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud,” terang Nadiem.

    Untuk tahun ini, lanjutnya, fokus pemerintah adalah merkerut satu juta guru honorer melalui skema Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ia pun mendorong para guru honorer serta lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) melamar menjadi guru PPPK. 

    Baca juga:  Rekrutmen Guru PNS Berpeluang Dibuka Lagi pada 2022

    “Fokus tahun ini adalah perekurtan guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta guru (jumlah yang diangkat hanya yang lulus tes) melalui jalur PPPK,” terangnya.

    Ia menambahkan bahwa nantinya guru PPPK yang mempunyai performa kinerja yang baik bakal menjadi pertimbangan penting ketika guru tersebut mendaftar CPNS.  

    “Kami terus berupaya memperjuangakan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraan,” terangnya.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id