Kepala Sekolah dan Guru Satu Tim Sebagai Agen Perubahan

    Ilham Pratama Putra - 30 November 2020 12:04 WIB
    Kepala Sekolah dan Guru Satu Tim Sebagai Agen Perubahan
    Mendikbud, Nadiem Makarim di acara Kick Andy. Foto: Metro TV
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mendorong hadirnya guru penggerak untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Guru penggerak harus mengenali ciri yang melekat dalam dirinya untuk dioptimalkan dalam menggerakkan iklim mendidik yang kondusif di sekolah.

    Sekolah harus sadar jika keberadaan guru penggerak hingga kepala sekolah penggerak sangat dibutuhkan.  "Perubahan itu dapat terjadi di sekolah dengan adanya perubahan kepala sekolahnya dan guru-gurunya sebagai penggerak. Jadi mereka harus tahu mereka itu jadi satu tim unit of change," kata Mendikbud, Nadiem Makarim, dalam siaran Metro TV, program Kick Andy, Minggu, 29 November 2020.

    Baca juga:  Jokowi: Terima Kasih Guru

    Menurut Nadiem kehadiran guru penggerak menjadi penting. Sebab, di saat mereka mampu mengembangkan potensi diri maka akan selaras dengan peningkatan kualitas murid.

    "Guru penggerak adalah guru yang bergerak tanpa disuruh dan akan selalu berpihak kepada murid. Dan guru itu akan cari kompetensinya sendiri, dan kemauan mereka untuk menjadi pemimpin dan mementor guru-guru lain," jelas Nadiem menyebutkan ciri-ciri sosok guru penggerak.

    Untuk itu, pihaknya melakukan seleksi yang ketat kepada guru penggerak. Kriteria dan kualitas guru diukur secara nasional.

    Karena bagi Nadiem, nasib dunia pendidikan berada di tangan guru penggerak. Guru penggerak adalah tonggak perubahan generasi Indonesia menjadi lebih baik.

    "Tugas Saya untuk meng-empower guru penggerak dan kepala sekolah penggerak di manapun. Anda guru penggerak, sadarilah Saya dan kementerian prioritasnya untuk bisa melepaskan potensi anda. Karena andalah, bukan kita yang melakukan perubahan itu," pungkas Nadiem.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id