Program 'PembaTIK' Disebut Modal Baik Bagi Guru Penggerak

    Ilham Pratama Putra - 15 April 2021 13:32 WIB
    Program PembaTIK Disebut Modal Baik Bagi Guru Penggerak
    Mendikbud Nadiem Makarim. Tangkapan layar YouTube



    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan program Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (PembaTIK) 2021. Program ini akan berlangsung mulai April hingga November 2021.

    Mendikbud Nadiem Makarim menyatakan jika guru yang mengikuti progam PembaTIK sangat beruntung. Sebab, kata Nadiem, apa yang didapat guru selama mengikuti program itu dapat menjadi modal sebagai seorang Guru Penggerak.

     



    "Guru dalam PembaTIK memiliki kemauan untuk memaksimalkan potensi diri dengan memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi. Dalam pembelajaran, itu merupakan salah satu kriteria terpenting guru penggerak," kata Nadiem.

    Baca: Guru Ramah Iptek Jadi Target Program 'PembaTIK'

    Dalam program PembaTIK tahun ini, guru diberikan jenjang level kemampuan dalam menggunakan teknologi. Adapun, PembaTIK ini mengacu pada model peningkatan kompetensi TIK guru rancangan UNESCO dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar sebagai medianya.

    "Pada guru yang mengikuti program PembaTIk 2021 akan melalui empat tingkatan level, level sati literasi TIK, level dua implementasi TIK, level tiga kreasi TIK dan level empat berbagi dan berkolaborasi menghasilkan materi pembelajaran," jelas Nadiem.

    Nadiem juga berharap, munculnya guru-guru yang tak kenal henti belajar TIK. Guru yang tak kenal henti untuk belajar inilah yang menjadi garda terdepan perbaikan pendidikan Indonesia.

    "Kami yakin para peserta PembaTIK 2021 merupakan para tenaga pendidik terbaik Indonesia yang siap untuk menjadi jawaban untuk tantangan global dihadapi bangsa ini. Dan mencetak calon-calon pemimpin masa depan dengan profil pelajar Pancasila," tutur Nadiem.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id