Hari Guru Nasional

    PGRI: Masalah Pendidikan Bukan Soal Kapasitas Guru, Melainkan Kebijakan

    Ilham Pratama Putra - 25 November 2020 20:25 WIB
    PGRI: Masalah Pendidikan Bukan Soal Kapasitas Guru, Melainkan Kebijakan
    Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
    Jakarta: Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Unifah Rosyidi menyebut persoalan pendidikan bukan terletak pada kemampuan guru. Sebab, guru hanya tinggal mengikuti kebijakan pemerintah.

    "Persoalan pendidikan bukan terletak pada guru, karena guru dikenal sebagai kurikulum terbaik. Dia mengikuti apa yang ditetapkan. Persoalan kita di tingkat policy, di kebijakan," kata Unifah dalam siaran langsung Instagram @osc_medcom, Rabu, 25 November 2020.

    Unifah masih meragukan kebijakan-kebijakan pemerintah dalam hal peningkatan kualitas pendidikan. Menurutnya, hingga sekaranng belum ada kebijakan yang memiliki konseptual yang baik.

    "Kebijakan yang berbasis data dan bisa disosialisasikan dan konsisten. Strateginya jelas, dan kita tahu saat ini pelaksanaannya kurang dipetakan," sambung dia.

    Baca: PGRI: Belum Ada Terobosan Atasi Learning Loss di Masa Pandemi

    Menurut Unifah, serangkaian kebijakan saat ini juga belum dikawal dengan baik. Konsep yang baik tak seiring sejalan dengan pelaksanaan yang terukur.

    "Orang Indonesia pintar membuat konsep tapi tidak diukur dan dipetakan. Guru itu punya semangat besar tinggal ayo dong, dikawal dan dievaluasi kebijakan yang dijalankan," tuturnya.

    Dalam momentum Hari Guru Nasional (HGN) 2020 ini pun dia belum melihat adanya terobosan kebijakan baru yang benar-benar baik. HGN terasa seperti peringatan seremonial belaka.

    "Kami jujur aja belum melihat adanya terobosan baik untuk siswa, maupun mahasiswa yang dapat memperkecil apa yang disebut learning loss terlebih karena covid-19 ini," ungkapnya.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id