comscore

Pendaftaran Seleksi Guru Penggerak Angkatan 6 Dibuka Hingga 18 Februari

Ilham Pratama Putra - 11 Januari 2022 12:27 WIB
Pendaftaran Seleksi Guru Penggerak Angkatan 6 Dibuka Hingga 18 Februari
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Jakarta: Pendaftaran Seleksi Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 6 telah dibuka. Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 6 dimulai sejak 10 Januari hingga 18 Februari 2022.

Adapun Pendaftaran Calon Guru Penggerak dibuka bagi guru jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Informasi lengkap terkait Program Pendidikan Guru Penggerak dapat dilihat pada laman: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/.
 
Pembukaan pendaftaran ini sekaligus menjadi seleksi tahap satu bagi calon Guru Penggerak angkatan 6. Guru diminta melakukan registrasi, pengisian biodata, esai, dan unggah dokumen.
Hasil seleksi tahap satu akan diumumkan pada 25 sampai 30 Maret 2022. Untuk selanjutnya ada seleksi tahap dua pada 4 April sampai 15 Juni 2022 untuk simulasi mengajar dan wawancara.

Hasil seleksi akan diumumkan pada 17 sampai 21 Juni 2022. Dan guru yang lolos akan mendapatkan pendidikan guru penggerak dari tanggal 2 Agustus hingga November 2022.

Baca: PGRI Minta Status Guru Penggerak Tak Jadi Syarat Kepala Sekolah

Untuk diketahui, calon guru penggerak dapat diukuti guru PNS maupun non PNS dari sekolah negeri maupun sekolah swasta. Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik), Pendidikan minimal S1/D4, dan memiliki pengalaman mengajar minimal lima tahun.

Calon guru penggerak juga harus memiliki masa sisa mengajar tidak kurang dari 10 tahun. Calon guru penggerak tidak sedang mengikuti diklat CPNS, PPH atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan guru penggerak.

Sementara itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi juga membuka pendaftaran Calon Pengajar Praktik. Program ini dibuka bagi Guru Berpengalaman, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Akademisi atau Praktisi atau Konsultan Pendidikan.

Pengajar praktik nantinya akan menjadi pendamping guru penggerak. Proses seleksi juga dimulai pada hari ini, 10 Januari hingga 18 Februari 2022.

Calon pengajar praktik yang telah melalui tahap seleksi akan mendapatkan pembekalan pengajar praktik pada 11 Mei sampai 25 Juni 2022. Setelah pembekalan, akan diumumkan pengakar praktik program guru penggerak pada 27 sampai 29 Juni 2022.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id