2.800 Guru Penggerak Dinobatkan di Angkatan Pertama

    Ilham Pratama Putra - 15 Oktober 2020 13:12 WIB
    2.800 Guru Penggerak Dinobatkan di Angkatan Pertama
    Guru sedang mengajar di muka kelas, MI/Panca Syurkani.
    Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menjaring 19.218 guru yang mendaftar pada program guru penggerak. Setidaknya ada 2.800 guru yang lolos dalam program angkatan pertama ini.

    "Rekrutmen calon guru penggerak sudah ditetapkan lolos 2.800 dari 19.218 pendaftar," kata Sesditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Nunuk Suryani dalam webinar Pembukaan Pendidikan Guru Penggerak, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Namun mereka belum bisa langsung terjun untuk merealisasikan program guru penggerak tersebut. Mereka harus melalui pendidikan terlebih dahulu.

    Nunuk menyebut, pendidikan untuk guru penggerak dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama diikuti 2.460 guru yang dimulai hari ini.

    "Pendidikan dilaksanakan selama sembilan bulan, di antaranya pelatihan pendidikan daring, lokakarya dan pendampingan," lanjut Nunuk.

    Lebih rinci, dua bulan pertama, guru akan belajar dari empat modul yang disediakan. Pendidikan akan kembali dilanjutkan pada Februari hingga Agustus 2021.

    Baca juga:  Pemda Ancam 'DO' Siswa yang Ikut Demo Tolak Omnibus Law

    Sementara itu, kelompok kedua yang bersisa sebanyak 340 guru baru akan mendapat pendidikan pada April 2021. Masa pendidikan mereka juga sama, yakni sembilan bulan.

    "Hal ini karena ada kekurangan pendamping untuk wilayah-wilayah tertentu," sambung dia.

    Adapun pendamping guru penggerak juga melewati proses seleksi. Dari 45.575 pendamping yang mendaftar, hanya lolos 614 orang.

    "Sementara untuk fasilitator juga sama, dari 785 yang mendaftar ada 149 fasilitator yang lolos, yang nantinya juga akan mendapat pembekalan," pungkas Nunuk.

    (CEU)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id