comscore

Pengamat Nilai Program Pendidikan di 2021 Bikin Guru Lebih Kreatif

Ilham Pratama Putra - 30 Desember 2021 11:51 WIB
Pengamat Nilai Program Pendidikan di 2021 Bikin Guru Lebih Kreatif
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Jakarta: Berbagai program dan kebijakan diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sepanjang 2021. Mulai dari Sekolah Penggerak, revitalisasi pendidikan vokasi, hingga digitalisasi pendidikan.

Pengamat pendidikan Andreas Tambah mengatakan, berbagai program itu membawa dampak yang baik kepada dunia pendidikan. Dia menilai program Kemendikbudristek itu menjadikan dunia pendidikan lebih atraktif.

 



"Khususnya dari sisi pendidik, ditambah lagi adanya pandemi covid-19 ini guru menjadi lebih kreatif," tutur Andreas kepada Medcom.id, Kamis, 30 Desember 2021.

Lambat laun, kata dia, terjadi perubahan paradigma dan sistem di dunia pendidikan Indonesia. Ia menilai perubahan itu sejauh ini mengarah kepada hal yang positif.

Baca: Ada Beasiswa Kuliah di Jepang Khusus untuk Guru, Ini Syarat dan Link Pendaftarannya

"Tapi memang belum nyata, mungkin perlu waktu juga, dan oleh karena pandemi covid-19 juga," sambung pendiri Rumah Literasi 45 itu.

Menurut Andreas, saat ini Kemendikbudristek tinggal melanjutkan program yang sudah ada. Utamanya, tujuh program yang ia nilai sebagai prioritas untuk diperkuat di tahun depan.

Ketujuh program itu di antaranya yang berkaitan dengan pembiayaan pendidikan, digitalisasi pendidikan, sekolah penggerak. Selain itu peningkatan kualitas kurikulum dan Asesmen Nasional (AN).

"Revitalisasi pendidikan vokasi juga, Kampus Merdeka dan pemajuan budaya dan bahasa," tutup anggota Komnas Pendidikan Indonesia itu.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id