comscore

FSGI Minta Kuota Rekrutmen ASN Sebanding dengan Jumlah Guru Honorer

Ilham Pratama Putra - 21 Juni 2022 18:46 WIB
FSGI Minta Kuota Rekrutmen ASN Sebanding dengan Jumlah Guru Honorer
Ilustrasi guru. Branda Antara
Jakarta: Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) meminta kuota rekrutmen guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) diperbesar. Daya serap mesti sesuai dengan jumlah guru honorer saat ini.

"FSGI mendorong penentuan kuota dalam rekrutmen ASN hendaknya sebanding dengan jumlah guru honorer yang bekerja di satuan pendidikan milik pemerintah saat ini," kata Sekjen FSGI, Heru Purnomo, dalam keterangan tertulis, Selasa, 21 Juni 2022.
Heru mendesak pengangkatan mesti segera dilakukan. Hal itu lantaran jumlah guru berpotensi bertambah dan membengkak kemudian hari.

Dia khawatir jumlah guru honorer tidak dapat dikendalikan. Terlebih, selalu ada kebutuhan pekerjaan memberikan pelayanan dan pembangunan terhadap peserta didik, pembangunan SDM, dan merealisasikan visi-misi Dinas Pendidikan.

“Jumlah honorer yang membengkak itu terjadi atas dasar kebutuhan dinas yang secara hukum tidak ada pihak yang patut dipersalahkan. Masuk dalam kategori dimaafkan karena dinas dalam bekerja melayani peserta didik yang sangat membutuhkan ketenagaan guru, semata-mata menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan”, ujar dia.

FSGI juga mendorong stakeholder menyadari adanya tugas bersama yang dikoordinir pemerintah terkait penyelesaian persoalan pengangkatan guru honorer sampai 28 November 2023. Apalagi, payung hukum yang dibutuhkan sudah tersedia.

"Dengan tersedianya perangkat hukum yang lengkap tentang penyelesaian pengangkatan tenaga honorer dan ada peraturan perundang-undangan tentang pengendalian pegawai (Peraturan Pemerintah RI Nomor 49 Tahun 2018 Pasal 96) yang dijalankan secara tegas. FSGI percaya dan meyakini persoalan tenaga guru honorer dapat dituntaskan oleh pemerintah sesuai target," ujar dia.

Baca: FSGI Desak Pemerintah Tetap Fokus Rekrut Guru Honorer Jadi ASN

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id