comscore

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak Tahap 5, Ini Link-nya

Citra Larasati - 30 Desember 2021 15:03 WIB
Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak Tahap 5, Ini <i>Link</i>-nya
Guru sedang mengajar di muka kelas. Foto: MI/Adi Kristiadi
Jakarta:  Sebanyak 19.974 dari 105.643 pendaftar dinyatakan lulus seleksi tahap 1 calon guru penggerak program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5.  Pengumuman lengkapnya dapat dilihat di laman Sekolah Penggerak Kemdikbud.

"Terima kasih atas antusiasme Bapak dan Ibu yang telah mendaftar sebagai Calon Guru Penggerak (CGP) Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5," dikutip dari unggahan di akun Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud, Kamis, 30 Desember 2021.
Masih dalam unggahan yang sama, pengumuman hasil seleksi tahap pertama sudah tersedia di laman Guru Penggerak dan akun pendaftaran masing-masing. Untuk informasi lengkap, dapat mengunjungi laman berikut:
https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/unduhan

"Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas semangat Bapak Ibu untuk turut berpartisipasi dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Semoga sukses dan terus semangat untuk mengikuti tahap selanjutnya," ujar unggahan tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka pendaftaran seleksi Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 5. Ini merupakan program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran, lokakarya, dan pendampingan.
 
Pendaftaran Guru Penggerak dibuka pada 166 kabupaten/kota yang menjadi sasaran PGP Angkatan 5. Pendaftaran calon Guru Penggerak dibuka mulai 4-29 Oktober 2021.
 
Selain merekrut calon Guru Penggerak, Kemendikbudristek juga membuka pendaftaran calon Pengajar Praktik (Pendamping) PGP Angkatan 5. Posisi ini terbuka untuk kalangan guru berpengalaman, kepala sekolah, pengawas sekolah, akademisi/praktisi/konsultan pendidikan terbaik di 166 Kabupaten/Kota daerah sasaran PGP Angkatan 5. 

"Yang dibuka tanggal 4-22 Oktober 2021," demikian bunyi pernyataan resmi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), dikutip Selasa, 5 Oktober 2021.

Baca juga:  Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 5 Dibuka Hingga 29 Oktober, Ini Kriterianya
 
Informasi lengkap terkait Program Pendidikan Guru Penggerak dapat dilihat pada laman:
https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/.
 
Adapun jadwal proses rekrutmen calon Guru Penggerak Angkatan 5 yaitu dimulai dengan informasi rekrutmen calon Guru Penggerak pada 8 September-3 Oktober 2021. Kemudian, seleksi tahap 1 dimulai pada 4-29 Oktober 2021, meliputi proses registrasi, pengisian biodata, pengisian esai, dan ungah dokumen.
 
Selanjutnya, verifikasi dan validasi data pendaftaram dilakukan pada 4-17 November 2021. Penilaian seleksi tahap 1 berlangsung pada 18 November-8 Desember 2021. Pengumuman hasil seleksi tahap 1 dan penjadwalan seleksi tahap 2 berlangsung pada 13-17 Desember 2021.
 
Seleksi tahap 2 dilakukan pada 20 Desember 2021-18 Februari 2022. Pengumuman calon Guru Penggerak dilakukan pada 22-25 Februari 2022. Kemudian, pendidikan Guru Penggerak angkatan 5 berlangsung pada 5 April-14 Oktober 2022.
 

Berikut ini kriteria calon Guru Penggerak Angkatan 5: 

  1. Guru PNS maupun Non PNS baik dari sekolah negeri atau swasta
  2. Memiliki akun guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)
  3. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal S1/D4
  4. Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun
  5. Memiliki masa sisa mengajar kurang dari 10 tahun
  6. Memiliki keinginan kuat menjadi Guru Penggerak
  7. Program Guru Penggerak akan ditujukan untuk guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB
  8. Tidak sedang mengikuti kegiatan Diklat CPNS, PPG, atau kegiatan lain yang dilaksanakan secara bersamaan dengan proses rekrutmen dan pendidikan Guru Penggerak.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id