Nadiem: Pandemi Tak Padamkan Semangat Guru

    Ilham Pratama Putra - 25 November 2021 09:29 WIB
    Nadiem: Pandemi Tak Padamkan Semangat Guru
    Mendikbudristek, Nadiem Makarim saat memimpin upacara HGN 2021. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama



    Jakarta: Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek),  Nadiem Makarim mengapresiasi semangat guru dalam momentum Hari Guru Nasional (HGN) 2021. Menurutnya, meski diterpa pandemi, para guru terbukti tetap semangat dalam memberikan pembelajaran.

    "Saya baru menyadari bahwa pandemi ini tidak memadamkan semangat para guru, tapi justru menyalakan obor perubahan," kata Nadiem saat memimpin upacara HGN 2021 di Gedung Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis, 25 November 2021.

     



    Meski begitu, Ia memahami jika para guru se-Indonesia menginginkan perubahan dan pihaknya pun siap mendengar masukan dari para guru.  Menurut dia, guru-guru se-Indonesia menginginkan perubahan.

    Guru se-Indonesia menginginkan kesempatan yang adil untuk mencapai kesejahteraan yang manusiawi.  Guru se-Indonesia, kata dia, menginginkan akses terhadap teknologi dan pelatihan yang relevan dan praktis.

    Baca juga:  HGN 2021, Menag Pastikan Kemenag Tingkatkan Kompetensi dan Kesejahteraan Guru

    Guru seluruh Indonesia juga menginginkan kurikulum yang sederhana dan bisa mengakomodasi kemampuan dan bakat setiap murid yang berbeda-beda.  Guru se-Indonesia pun, kata dia, menginginkan pemimpin-pemimpin sekolah mereka untuk berpihak kepada murid, bukan pada birokrasi.

    Guru se-Indonesia ingin kemerdekaan untuk berinovasi tanpa dijajah oleh keseragaman. "Sejak pertama kali kami cetuskan, sekarang Merdeka Belajar sudah berubah dari sebuah kebijakan menjadi suatu gerakan. Contohnya, penyederhanaan kurikulum sebagai salah satu kebijakan Merdeka Belajar berhasil melahirkan ribuan inovasi pembelajaran. Gerakan ini makin kuat karena ujian yang kita hadapi bersama," tutur Nadiem.


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id