Sosok Guru Nuri, Menyebarkan Inspirasi Lewat Komunitas GSM

    Citra Larasati - 16 September 2021 16:19 WIB
    Sosok Guru Nuri, Menyebarkan Inspirasi Lewat Komunitas GSM
    Guru Khoiriyah Nuria bersama para guru inspiratif di Komunitas GSM. Foto: Dok. Kemendikbudristek



    Jakarta:  Sejak namanya viral di media sosial karena Mendikbudristek, Nadiem Makarim menginap di rumahnya, Khoiry Nuria Widyaningrum belum lepas dari sorotan masyarakat.  Banyak yang penasaran dengan sosok Guru Penggerak yang mengajar di SDN Jetisharjo, Sleman Yogyakarta ini.

    Selain aktif sebagai guru, Nuri ternyata juga merupakan salah satu guru penyimpang di Komunitas Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM).  Guru penyimpang adalah guru yang memiliki perilaku mengajar "menyimpang" dalam mengajar, namun memberikan dampak positif pada karakter dan hasil belajar siswa.

     



    Komunitas ini punya anggota dari seluruh Indonesia. Para guru inspiratif ini biasa keliling ke berbagai daerah untuk memberikan pelatihan, menjadi pembicara dan berdiskusi dengan para guru.

    ”GSM ini merupakan wadah untuk saling bertukar inspirasi dalam kelas, berbagi ilmu dan pengalaman yang juga melibatkan siswa SD kelas 1 sampai kelas 6 se-Indonesia,” ujar Nuri, dikutip dari laman DITPSD Kemendikbudristek, Kamis, 16 September 2021.

    GSM didirikan oleh Muhammad Nur Rizal, yang resah akan kondisi dunia pendidikan dan anak-anak generasi bangsa. Kemudian GSM bercermin pada prinsip ikan salmon, di mana jika untuk bisa menetaskan telur yang berkualitas maka dia harus melawan arus.

    “Jadi GSM melakukan perlawanan arah dari bawah atau akar rumput, berharap ada perubahan. GSM ini membawa dampak kepada siswa. Generasi kita tidak tumbuh menjadi beban negara, tetapi menjadi bonus demografi,” jelasnya.

    Baca juga:  6 Fakta Menarik Guru Nuri yang Rumahnya Jadi Tempat Nadiem Menginap

    Nuri seperti halnya rekan-rekannya sesama guru di GSM meyakini, bahwa ketika gerakan akar rumput ini mampu membawa perubahan, maka akan terbentuk seperti bola salju yang menggelinding terus-menerus dan semakin membesar. “Itulah harapan kami akan dapat mendorong dunia pendidikan kita ke arah yang lebih baik lagi,” katanya.

    Sebelumnya, Mendikbudristek, Nadiem Makarim memilih menginap di rumah guru Nuri di sela-sela kunjungan kerjanya di Yogyakarta Senin, 13 September 2021 lalu.  Nuri merupakan salah satu calon Guru Penggerak, program yang masuk ke dalam episode Merdeka Belajar besutan Nadiem Makarim.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id