AGSI Minta Guru Honorer Tetap Ikut Seleksi PPPK di Gelombang Pertama

    Ilham Pratama Putra - 14 September 2021 13:58 WIB
    AGSI Minta Guru Honorer Tetap Ikut Seleksi PPPK di Gelombang Pertama
    Presiden AGSI, Sumardiansyah. Tangkapan layar.



    Jakarta: Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) mendapat laporan kendala yang dialami para guru honorer  dalam seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ada guru honorer yang tak bisa ujian meskipun telah lulus verifikasi pemberkasan, memiliki nomor ujian dan berhasil cetak kartu ujian.

    Mereka tak bisa ujian karena tidak mandapatkan lokasi dan tanggal tes. Hal itu disebabkan peserta dianggap tidak mendaftar formasi di sekolah induk.

     



    Peserta tersebut pun diarahkan untuk seleksi PPPK guru gelombang kedua. Namun, Presiden AGSI, Sumardiansyah Perdana Kusuma menyebut hal itu tidak adil.

    Sebab, di gelombang kedua para guru harus bersaing dengan pelamar lain dari jalur umum dengan jumlah formasi sisa yang semakin sedikit. Untuk itu pihaknya akan memaksa pemerintah untuk tetap memberikan kesempatan bagi guru honorer untuk ujian di gelombang pertama.

    "Bahwasannya para guru sejarah, dan guru honorer lainnya, guru mata pelajaran lainnya, yang memenuhi syarat, dia lolos verifikasi berkas, dia cetak kartu ujian, dia harus tetap ikut pada gelombang pertama," tegas Sumardiansyah dalam konferensi pers daring, Selasa 14 September 2021.

    Baca: Masalah Seleksi PPPK Guru, Tak Dapat Lokasi Hingga Batal Ikut Ujian

    Mengenai teknisnya diserahkan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Apakah dapat dilakukan di minggu ini, atau ditunda.

    "Teknisnya terserah Kemendikbudristek. Apakah memang masih bisa dikondisikan dalam satu pekan terakhir ini, ketika proses berjalan atau disusulkan melalui alokasi waktu yang berbeda. Intinya hak teman-teman untuk seleksi gelombang pertama akan kita kawal, dan itu keharusan yang tak bisa ditawar," tutur dia.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id