PGRI Minta Syarat Vaksinasi Guru Dipermudah, Tak Perlu Dapodik

    Ilham Pratama Putra - 26 Februari 2021 20:15 WIB
    PGRI Minta Syarat Vaksinasi Guru Dipermudah, Tak Perlu Dapodik
    Ketua Umum PGRI Unifah Rosyidi di lokasi vaksinasi guru, SMAN 70 Jakarta, Rabu, 24 Februari 2021. Foto: Medcom/Ilham Pratama Putra



    Jakarta: Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) berharap proses vaksinasi kepada guru dan tenaga kependidikan tidak dipersulit. Ketua Umum PGRI, Unifah Rosyidi meminta pemerintah agar vaksinasi tidak mewajibkan syarat Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

    Menurut Unifah, basis Dapodik akan menyulitkan. Saat Dapodik diwajibkan, maka banyak guru honorer yang tidak akan mendapatkan vaksin covid-19.






    "Kalau di Dapodik banyak honorer yang tidak masuk di dalamnya, jadi harus berhati-hati. Kalau basisnya Dapodik, banyak honorer yang tidak kena (vaksin)," kata Unifah dalam webinar `Vaksinasi Tahap 2: Prioritaskan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Jumat, 26 Februari 2021.

    Baca: Nadiem: Prioritas Vaksinasi untuk Guru PAUD, SLB, dan SD

    Sebagai solusinya, Unifah menawarkan program vaksinasi guru dan tenaga kependidikan berdasarkan data riil di lapangan. Hal tersebut untuk memastikan vaksinasi menyasar kepada guru yang akan menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM).

    "Jangan sampai hanya dari Dapodik, kemudian yang riil itu tidak terbawa, nanti jadi ramai. Kita semua masih dalam proses untuk melakukan PJJ, diprioritaskan agar kita semua berpikir bahwa pembelajaran bisa segera dilakukan," terang Unifah.

    Sementara itu, juru bicara vaksinasi covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi memastikan bahwa program vaksinasi akan menyasar seluruh guru. Baik itu guru pegawai negeri sipil (PNS) maupun honorer.

    Baca: Jokowi: Target Hingga Juni, 5 Juta Guru Selesai Divaksinasi Covid-19

    "Vaksinasi ini akan diberikan kepada guru baik guru ASN dan juga honorer, karena bagaimanapun juga guru honorer berinteraksi dengan murid-murid," tegas Nadia.

    Vaksinasi guru dan tenaga kependidikan akan terus dilanjutkan. Targetnya pada Juni 2021, lima juta guru dan tenaga kependidikan bakal menerima vaksinasi.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id