3 Masalah Utama yang Mengganjal Kesejahteraan Guru

    Ilham Pratama Putra - 13 Januari 2021 14:33 WIB
    3 Masalah Utama yang Mengganjal Kesejahteraan Guru
    Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda. Foto: YouTube
    Jakarta: Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda menyebut ada tiga persoalan yang mengganjal kesejahteraan guru selama ini. Ganjalan ini katanya telah ada sejak 10 tahun yang lalu, dan belum terselesaikan hingga kini.

    "Kita masih mengalami tiga hal masalah utama menyangkut kesejahteraan guru yang lalu berefek pada kualitas pendidikan nasional kita," kata Huda dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi X DPR RI yang digelar secara daring, Rabu, 13 Januari 2021.

    Isu pertama, kata Huda, ialah hal yang terkait dengan skema pengangkatan guru. Menurutnya pengangkatan guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara masih menjadi momok.

    "Karena skemanya yang berkali-kali tidak sesuai kebutuhan. Skema pengangkatan ini perlu dilakukan revisi total dari berbagai aspek," terang Huda.

    Hal itu perlu dilakukan supaya pengangkatan guru di masa datang tidak tambal sulam. Yang akhirnya malah membuat dunia pendidikan menjadi korban.

    "Isu kedua adalah soal pemerataan guru. Banyak guru yang menumpuk di tempat-tempat yang semestinya tidak perlu. Ketika distribusi pemerataan guru ini seharusnya bisa dilakukan dengan maksimal," jelasnya.

    Baca juga:  Program PPPK Dinilai Momentum Tepat Tuntaskan Masalah Guru

    Pemerataan itu menurutnya butuh komitmen bersama, baik pemerintah sebagai regulator, dan guru sebagai subjek dalam isu tersebut.

    Isu ketiga, terkait komptensi guru. Dia ingin seluruh pihak terkait juga membenahi hal tersebut.

    "Mohon ini bisa kita bereskan bersama, karena kompetensi ini masih menjadi persoalan kita. baik pada konteks jenjang pendidikan guru maupun pembinaan yang harusnya secara intensif dilakukan pemerintah," tutupnya.

    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id