Nadiem: Tes Satu Juta Guru PPPK Bakal Digelar Online

    Ilham Pratama Putra - 17 November 2020 19:10 WIB
    Nadiem: Tes Satu Juta Guru PPPK Bakal Digelar Online
    Mendikbud, Nadiem Makarim. Foto: Zoom
    Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjanjikan ,bakal ada rekrutmen yang menargetkan satu juta guru honorer untuk diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di 2021.  Seleksi akan digelar menggunakan tes daring atau berbasis online.

    "Ditunggu 2021, kita akan menyediakan proses seleksi di mana semua guru honorer bisa menunjukkan kelayakannya melalui tes online," kata Nadiem dalam konferensi pers BSU, Selasa, 17 November 2020.

    Nadiem menyebut, anggarannya telah disiapkan. Pengangkatan guru PPPK bertujuan untuk mendukung kesejahteraan guru. "Mereka bisa jadi guru PPPK dengan tingkat kesejahteraan yang didukung pemerintah pusat dari anggarannya," sambung Nadiem.

    Baca juga:  PGRI: Prioritaskan Guru Honorer yang Telah Lama Mengabdi

    Seleksi yang dilakukan pada 2021 itu menargetkan akan mengangkat satu juta guru honorer. Semua guru honorer memiliki kesempatan yang sama menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) jalur PPPK.

    "Guru honorer serentak semuanya bisa ikut tes kelulusan PPPK untuk mendapatkan kesempatan adil, untuk membuktikan kelayakan mereka menjadi ASN," ungkapnya.

    Nadiem mengatakan, hal ini menjadi langkah nyata untuk membantu guru non-PNS. Sekaligus merangkul guru honorer agar mendapatkan kesejahteraannya.

    "Ini langkah nyata untuk guru non-PNS dan ke depan akan jadi strategi untuk merangkul para guru honorer dan untuk memberikan kesempatan yang adil untuk mereka, juga bisa berpartisipasi dan meningkatkan kesejahteraannya," pungkas Nadiem. 


    (CEU)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id