comscore

Dua Mahasiswa UKDW Lolos Seleksi IISMA 2022

Citra Larasati - 23 Mei 2022 21:52 WIB
Dua Mahasiswa UKDW Lolos Seleksi IISMA 2022
Dua mahasiswa UKDW yang lolos program IISMA 2022. Foto: Dok. UKDW
Jakarta:  Dua mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta lolos seleksi menjadi peserta Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. Dua mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW ini menjadi bagian dari putra-putri terbaik Indonesia yang menerima beasiswa untuk menjalankan studi selama satu semester di kampus ternama, universitas mitra luar negeri.

Kepala Biro Kerja sama dan Relasi Publik (Biro 4) UKDW menyebutkan, kedua mahasiswa tersebut adalah Celline Hadiwinoto dan Samuel Ariko Danang Putratiarno.  Lucia Dwi Krisnawati menjelaskan, IISMA merupakan salah satu program beasiswa yang dikelola oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek untuk mendanai mahasiswa Indonesia mengikuti program mobilitas internasional di universitas unggul yang ada di berbagai negara.
“Lewat program ini, para mahasiswa tersebut dapat mengikuti perkuliahan di universitas terkemuka di luar negeri yang menjadi mitra Kemendikbudristek selama satu semester dan dapat disetarakan hingga 20 SKS,” jelasnya, Senin, 23 Mei 2022.

Lebih lanjut, Lucia menerangkan Celline Hadiwinoto yang berasal dari Prodi Desain Produk iitu terpilih untuk mengikuti program IISMA 2022 di Universitat Pompeu Fabra Spanyol. Sedangkan Samuel Ariko Danang Putratiarno yang berasal dari Prodi Arsitektur terpilih mengikuti program IISMA 2022 di Indian Institute of Technology (IIT) Bombay.

Lucia sangat mengapresiasi capaian kedua mahasiswa tersebut dan siap memberikan dukungan penuh pada para mahasiswa yang ingin memperluas wawasan dengan merasakan pembelajaran di negara lain.  Program IISMA 2022 diikuti oleh 7.501 mahasiswa dari seluruh Indonesia.  Mahasiswa yang dinyatakan lulus hingga akhir sebanyak 1.155 termasuk dua di antaranya adalah mahasiswa UKDW.

“Saya sangat bangga karena Celline dan Samuel bisa lolos seleksi karena persaingannya sangat ketat. Universitas-universitas mitra yang tergabung dalam program IISMA ini merupakan universitas yang memiliki reputasi di negaranya, dan beberapa di antaranya termasuk dalam Top 300 QS World University Rankings,” terangnya. 

Celline Hadiwinoto yang akan mengambil courses terkait antropologi, seni, dan gender di Universitat Pompeu Fabra Spanyol menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung selama proses seleksi IISMA 2022. “Saya tidak menyangka bahwa saya akan menjadi salah satu awardee namun saya bersyukur karena usaha saya telah membuahkan hasil,” ungkapnya.

Sementara itu, Samuel Ariko Danang Putratiarno akan mengambil courses tentang Geotechnical Engineering, Design of Structures, Animation Design, dan Materials for Sustainable Development.

Baca juga: Intip Perjuangan Daffa, Mahasiswa Unesa Dapat Beasiswa IISMA

“Saya tidak mengira akan lolos menjadi salah satu awardee IISMA 2022. Sempat muncul keraguan besar dalam diri saya, karena saya masih merasa belum siap untuk menjalani program IISMA ke depannya. Namun, dukungan orang tua dan staf Biro IV, meyakinkan saya untuk terus lanjut. Saya berharap semua pihak dapat terus mendukung saya agar dapat menyelesaikan program ini sebaik-baiknya. Saya juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung saya selama ini,” pungkasnya.


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id