comscore

Selamat! Itenas Bandung Raih Akreditasi Unggul dari BAN PT

Citra Larasati - 04 Agustus 2022 15:26 WIB
Selamat! Itenas Bandung Raih Akreditasi Unggul dari BAN PT
Asesmen lapangan BAN PT. Foto: Dok. Itenas
Jakarta:  Kabar menggembirakan datang dari Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) Bandung.  Kampus mitra beasiswa OSC (Online Scholarship Competition) Medcom.id ini berhasil meningkatkan status akreditasi institusinya menjadi unggul.

Peningkatan akreditasi ini diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) (SK No. 407/SK/BANPT/Ak/PT/VIII/2022). Prestasi ini disampaikan kepada Rektor Itenas, Meilinda Nurbanasari pada Kamis, 4 Agustus 2022.
"Sebelumnya, Itenas memiliki akreditasi B BAN-PT. Akreditasi Unggul Itenas tercatat dalam ketetapan yang dikeluarkan sejak Selasa, 2 Agustus 2022," kata Meilinda dalam siaran persnya, Kamis, 4 Agustus 2022.

Asesmen Lapangan telah dilakukan sebelumnya secara luring pada 28-30 Juli 2022 oleh tim Asesor yang ditugaskan oleh BAN-PT di Kampus Itenas Bandung untuk melakukan klarifikasi dan diskusi atas ajuan permohonan akreditasi perguruan tinggi Itenas.

Meilinda pun menjelaskan strategi peningkatan mutu akademik yang ditempuh oleh Itenas.  Kampus ini juga telah mempunyai organ yang berfungsi sebagai penjaminan mutu seluruh proses di Itenas yaitu Satuan Penjaminan Mutu (SPM) dan Satuan Pengawas Internal (SPI).

Di tingkat Fakultas sudah dibentuk Satuan Penjaminan Mutu Fakultas (SPMF) yang berfungsi melaksanakan penjaminan mutu di unit-unit Fakultas. Organ penjaminan mutu ini diterapkan oleh Itenas dalam mengawal akreditasi kampus ini.

Mulai dari penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar internal yang melampaui standar nasional pendidikan tinggi serta segala kegiatan akademik dari semua program studi dimonitor dan dievaluasi bersama setiap tahun.

"Mekanisme ini diperlukan dalam menjamin kelayakan pencapaian tingkat akreditasi yang diharapkan.  Itenas juga tercatat memiliki segudang prestasi Internasional maupun prestasi nasional," ucapnya.

Berbagai pemeringkatan internasional telah dicapai oleh ITENAS, seperti pemeringkatan QS Stars, THE Impact Rangking, dan UI Green Metric. 
 
Baca juga:  Jangan Terlewat, Ini Jalur Terakhir Masuk Itenas TA 2022/2023


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id