comscore

Mahasiswa UKDW Siap Berdayakan Potensi Gunungkidul

Citra Larasati - 05 Juli 2022 08:00 WIB
Mahasiswa UKDW Siap Berdayakan Potensi Gunungkidul
Penerjunan KKN UKDW di Gunungkidul. Foto: Dok. UKDW
Jakarta:  Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta rutin mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler setiap tahun sebagai bagian dari implementasi tridarma perguruan tinggi. Pembatasan interaksi pada masa pandemi covid-19 telah mengubah bentuk KKN UKDW selama dua tahun terakhir.

Program KKN UKDW telah beradaptasi dan bertransformasi selama masa pandemi covid-19 dengan metode blended atau bauran antara daring dan luring. Mengingat situasi dan kondisi yang semakin membaik, penyelenggaraan program KKN di tahun 2022 mengalami penyesuaian kembali.
Mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat pasca pandemi covid-19”, KKN Reguler Semester Genap 2021/2022 diikuti oleh 470 mahasiswa dan dibimbing oleh 21 Dosen Pendamping Lapangan. KKN dilaksanakan secara live-in selama satu bulan, mulai 28 Juni hingga 27 Juli 2022.

Program KKN Reguler 2022 terdiri dari dua jenis kegiatan, yakni KKN Reguler di Kapanewon Ngawen, Kabupaten Gunungkidul dan KKN Nusantara di daerah domisili mahasiswa. Sasaran dari program KKN Reguler tidak hanya pada peningkatan kualitas hidup atau kesejahteraan masyarakat, tetapi juga kompetensi mahasiswa peserta KKN untuk hidup di tengah masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan.

Penyelenggaraan program KKN Reguler 2022 diharapkan dapat menghasilkan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang lebih kreatif dan inovatif, terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setelah masa pandemi. Program-program kerja KKN Reguler kali ini menekankan pada kemampuan mahasiswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam upaya menyelesaikan permasalahan melalui pemberdayaan masyarakat yang berbasis potensi lokal.

"Penerjunan peserta KKN Reguler 2022 dilaksanakan di Pendhapa Taman Budaya Gunungkidul pada tanggal 28 Juni 2022," kata Rektor UKDW, Henry Feriadi dalam siaran persnya, Senin, 4 Juli 2022.

Henry berharap mahasiswa dapat mencermati, memberdayakan, dan ikut bekerja bersama masyarakat untuk mengidentifikasi program kerja yang sesuai.  Hal ini karena Kapanewon Ngawen menjadi salah satu magnet atau motor penggerak pertumbuhan di Kabupaten Gunungkidul bagian utara. 

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Siwi Irianti mengatakan, bahwa KKN merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melakukan beragam kegiatan di lapangan bersama masyarakat, dengan tujuan pengabdian bagi masyarakat.

Di sisi lain, KKN juga merupakan cara membentuk karakter mahasiswa atau generasi muda yang unggul, serta memiliki empati dan kepekaan sosial yang kuat.  Sehingga kegiatan KKN memberi kesempatan pada mahasiswa untuk berlatih berpikir kritis dan analitis terhadap segala bentuk permasalahan yang dihadapi masyarakat agar mampu berkontribusi mencari solusi terbaik.

"Peran UKDW melalui kegiatan KKN diharapkan menjadi media pemberdayaan masyarakat, sehingga masyarakat Gunungkidul memiliki daya saing yang semakin kuat melalui program KKN yang aplikatif," tutupnya. 


(CEU)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id