Ini Ragam Beasiswa yang Tersedia di Universitas Kristen Maranatha

    Ilham Pratama Putra - 28 April 2021 12:23 WIB
    Ini Ragam Beasiswa yang Tersedia di Universitas Kristen Maranatha
    Research and Development Marketing Universitas Kristen Maranatha, Nicolas Agung. Dok Medcom.id



    Jakarta: Universitas Kristen Maranatha Bandung menyediakan berbagai macam beasiswa pendidikan. Baik yang menggunakan jalur akademik, maupun non akademik.

    "Pertama beasiswa smart scholarship. Ini beasiswa tanpa tes. Kalian hanya menunjukkan nilai rapor. Kecuali untuk yang ingin masuk di fakultas kedokteran, kedokteran gigi dan psikologi nanti cuma ditambah psikotes," kata Research and Development Marketing Universitas Kristen Maranatha, Nicolas Agung dalam siaran langsung Instagram osc_medcom, Selasa, 27 April 2021.






    Syarat nilai rapor pun sangat mudah. Jika nilai rapor seluruhnya di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), maka potensi untuk mendapatkan beasiswa smart scholarship terbuka lebar.

    "Untuk yang mengandalkan non akademik bisa juga menyertakan sertifikat ikut perlombaan regional, nasional, dan internasional. Tapi tingginya nilai rapor juga tetap dilihat ya," terang Nicolas.

    Beasiswa ini memberi bantuan pendidikan hingga 75 persen. Namun, khusus fakultas kedokteran, kedokteran gigi, dan psikologi hanya mendapat maksimal 20 persen.

    Kemudian, ada beasiswa Maranatha Peduli. Beasiswa ini dibiayai 100 persen hingga lulus. Tapi, ada kriteria tertentu. "Melalui tes dan IPK-nya tidak boleh turun, kalau turun nanti bisa hangus. Dan ini tidak berlaku di fakultas kedokteran, kedokteran gigi, psikologi, seni dan desain," jelas dia.

    Kemudian, Universitas Kristen Maranatha juga menyediakan beasiswa tanpa tes. Beasiswa ini dikhususkan bagi gereja dan sekolah mitra.

    "Ini yang menjalin kerja sama dengan kita. Misal SMK BPK Penabur atau gerejanya kalian di GKI atau GKP. Tapi ini tidak untuk pendaftar di fakultas kedokteran dan kedokteran gigi," terangnya.

    Baca: Telkom University Tawarkan Beasiswa Keagamaan, Simak Informasinya

    Selain itu, terdapat pula bantuan pembayaran yang meringankan calon mahasiswa. Model ini diberi nama Smart Payment. "Ini bisa mendapat potongan hingga Rp25 juta, asal setelah lolos tes di Maranatha dia langsung bayar full," sambung Nico.

    Pun keringanan pembayaran juga dapat melalui sistem Smart Saving. Model ini serupa 'booking' kursi. Misalnya, calon mahasiswa dari kelas 10 telah mendaftar di Universitas Kristen Maranatha.

    "Jadi dia waktu kelas 10 sudah keep daftar di Maranatha biaya masuknya Rp50 juta. Jadi waktu kelas 12 dia akan masuk ternyata biayanya naik jadi Rp75 juta, maka dia akan tetap membayar Rp50 juta. Dan itu masih bisa dicicil 24 kali," ungkapnya.

    Selain itu pihaknya juga berencana membuka jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer. Dengan nilai UTBK tertentu, calon mahasiswa bisa mendapat potongan biaya pendaftaran.

    "Kalau nilai UTBK kalian di atas 500 bisa dapat fix Rp20 juta itu khusus yang di fakultas kedokteran dan kedokteran gigi. Di luar fakultas itu cukup rata-rata nilai 400 sudah bisa dapat potongan Rp10 juta," tutupnya.

    Universitas Maranatha memiliki 9 Fakultas, mulai dari Kedokteran, Kedokteran Gigi, Psikologi, Bisnis, Seni dan Disain, Hukum, Sastra, Teknik, dan Teknik Informatika. Info lengkap pendaftaran dapat mengakses laman pmb.maranatha.edu.

    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id