KPU Akan Bahas Tahapan Pilkada 2020 dengan DPR

    Ilham Pratama Putra - 03 Juli 2019 17:03 WIB
    KPU Akan Bahas Tahapan Pilkada 2020 dengan DPR
    KPU. Foto: MI/Ramdani.
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan DPR membahas rancangan peraturan KPU (PKPU) pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020, pada Senin, 8 Juli 2019. Pembahasan ini dilakukan dalam rapat dengar pendapat (RDP).

    "Mestinya hanya membahas durasi tahapan. Yang dibahas tahapannya saja. Tahapan kampanye, tahapan pencalonan," kata Ketua KPU Arief Budiman di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Juli 2019.

    Namun, Arief menyebut pembahasan bisa saja meluas. "Tapi biasanya berkembang. Jadi pembicaraanya juga tentang syarat pencalonan," ungkap Arief.

    KPU sudah melakukan uji publik terhadap rancangan PKPU Pilkada 2020. Rancangan PKPU akan didaftarkan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) untuk diundangkan setelah pembahasan dengan DPR rampung. 

    Baca: Mendagri Minta Pemda Segera Susun Anggaran Pilkada 2020

    Sebelum memulai tahapan pilkada, KPU akan menggelar rapat pimpinan (rapim) untuk mengevaluasi pelaksanaan Pemilu 2019. Rapim itu akan dilaksanakan setelah masa persidangan sengketa pemilihan legislatif (pileg) di Mahkamah Konstitusi (MK) selesai. 

    Hasil evaluasi Pemilu 2019 akan dituangkan untuk pelaksanaan pilkada mendatang. Evaluasi akan dilakukan dalam beberapa gelombang. 

    Pilkada 2020 bakal digelar di 270 daerah: 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Semula, Pilkada 2020 diikuti 269 daerah, tetapi bertambah menjadi 270 karena pilkada Makassar diulang pelaksanaannya.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id