Caleg Kunci Menaikkan Elektabilitas Partai

    Achmad Zulfikar Fazli - 05 April 2019 17:33 WIB
    Caleg Kunci Menaikkan Elektabilitas Partai
    Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Rully Akbar (kanan)--Foto: MI/Susanto.
    Jakarta: Calon anggota legislatif (caleg) dinilai kunci untuk partai politik dapat lolos parliamentary threshold (PT) 4 persen. Sebab, pemilih cenderung memilih caleg yang dikenal ketimbang partai politik.

    Berdasarkan survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, sebesar 60,3 persen pemilih lebih mempertimbangkan nama caleg yang dikenal untuk dipilih. Pemilih yang lebih mempertimbangkan partai politik hanya 26,6 persen dan 13,1 persen tidak menjawab.

    "Mayoritas pemilih memilih caleg yang dikenal, bukan memilih partai," kata peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, Jakarta, Jumat, 5 April 2019.

    Rully mengatakan kekuatan caleg untuk mengangkat perolehan suara partai cukup besar. Pengaruhnya terhadap partai mencapai 15,6 persen. "Pengaruh caleg menentukan posisi partai," ucap dia.

    Kendati demikian, dia mengungkapkan pemilih yang mengenal caleg di dapilnya masing-masing hanya sebesar 25,8 persen. Sementara itu, yang tidak kenal dengan caleg di dapilnya sebesar 70,6 persen dan 3,6 persen belum tahu.

    Baca: Jokowi Unggul Telak

    Karena itu, lanjut dia, perlu ada kerja keras dari para caleg untuk mengenalkan diri kepada pemilih di sisa masa kampanye ini. Apalagi, pihak memprediksi baru lima partai yang berpotensi lolos parlemen.

    Partai tersebut ialah PDI Perjuangan dengan 24,6 persen, Partai Gerindra 13,4 persen, Partai Golkar 11,8 persen, Partai Demokrat 5,9 persen dan PKB 5,8 persen. "Lima partai potensial lolos PT 4 persen sejauh para caleg masing-masing partai tetap terjaga seperti sebelumnya," ucap dia.

    Sementara itu, LSI Denny JA memprediksi ada lima partai papan tengah yang juga berpotensi lolos PT. Asalkan, caleg-caleg yang diusung oleh partai itu dapat lebih menggencarkan sosialisasinya kepada para pemilih.

    Lima partai tengah itu ialah PKS dengan 3,9 persen, Partai NasDem 2,5 persen, PPP 2,9 persen, PAN 3,1 persen dan Perindo 3,9 persen. "Namun lima partai papan tengah bisa lolos, bisa juga tidak, tergantung militansi caleg masing-masing partai," kata dia.

    Di luar 10 partai itu, LSI Denny JA ada enam partai yang harus berjuang ekstra keras untuk meraih kursi di parlemen. Partai tersebut yakni Hanura 0,9 persen, Partai Berkarya 0,7 persen, PBB 0,2 persen, PSI 0,2 persen, PKPI 0,1 persen, dan Garuda 0,1 persen.

    "Partai ini memerlukan langkah big bang, lebih dari sekadar kerja calegnya untuk lolos PT 4 persen," kata dia.

    Pengumpulan data dalam survei ini dilakukan dalam kurun waktu 18-26 Maret 2019. Jumlah responden survei ini sebanyak 1.200 orang dengan metodelogi multistage random sampling. Margin of error atau tingkat kesalahan pada survei ini kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id