TKN Inventarisasi Masalah HAM Jelang Debat

Damar Iradat - 11 Januari 2019 15:43 wib
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin,
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Jendral (Purn) Moeldoko. Foto: Medcom.id/Dheri.

Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Jendral (Purn) Moeldoko tak khawatir dengan isu hak asasi manusia (HAM) yang menjadi materi debat capres. Sebab, Jokowi tak memiliki masalah serius terkait pelanggaran HAM berat.
 
Moeldoko mengatakan, TKN sudah melakukan langkah-langkah antisipasi jika dalam debat nanti pasangan Jokowi-Ma'ruf ditanya isu HAM. Ia memastikan, Jokowi tidak memiliki rekam jejak yang buruk terkait HAM.
 
"Kita inventarisasi dari berbagai langkah-langkah yang telah dilakukan empat tahun pelanggaran HAM seperti apa, apa sih yang terjadi di kepemimpinan beliau tentang pelanggaran HAM," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019.
 
Moeldoko memastikan Jokowi bebas dari isu pelanggaran HAM berat. Menurutnya pelanggaran HAM berat terjadi karena ada penyalahgunaan kekuasaan dan genosida.

Baca: Visi Misi Prabowo-Sandi Jadi Sorotan

Jika melihat dua karakteristik di atas, menurut dia, selama ini tidak ada pelanggaran HAM berat yang dilakukan Jokowi. Moeldoko berani berkata, Jokowi merupakan pemimpin yang tidak memiliki catatan buruk terkait HAM.
 
Terkait lambannya proses hukum terhadap penyerangan penyidik senior KPK Novel Baswedan, Moeldoko menganggap hal itu bukan pelanggaran HAM berat. Insiden Novel dinilai kriminal murni.
 
"Dalam konteks itu, konteks kriminal murni, hanya persoalannya siapa pelakunya. itu yang jadi persoalan, yang belum ditemukan. Apa itu abuse of power? Bukan, konteksnya di situ," tegas Moeldoko.




(FZN)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.