Cek Fakta: Indonesia Penerbit Sukuk Terbesar Dunia

    Damar Iradat - 13 April 2019 22:12 WIB
    Cek Fakta: Indonesia Penerbit Sukuk Terbesar Dunia
    Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin - MI/Ramdani.
    Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 02 Ma'ruf Amin menyatakan jika Indonesia merupakan salah satu negara penerbit sukuk terbesar di dunia. Dengan besarnya produk sukuk itu, maka akan memperkuat perbankan.

    "Sebenarnya sudah kita bangun untuk ekonomi syariah dan produk halal. Sudah berhasil. Sukuk kita itu lebih besar, maka itu kita bisa perkuat perbankan kita supaya bisa lebih besar," kata Ma'ruf dalam debat kelima capres-cawapres di Hotel Sultan, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu, 13 April 2019.

    Dari penelusuran cek fakta, sampai dengan 30 November 2016 lalu, penerbitan sukuk mencapai USD10,15 miliar. Angka ini menjadikan Indonesia menjadi negara dengan penerbit sukuk terbesar di dunia. 

    Sukuk merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam penerbitan surat utang. Ini dibutuhkan untuk membiayai belanja negara yang tidak bisa ditutupi oleh penerimaan. 

    Presiden Joko Widodo saat itu menyatakan, hal ini patut dibanggakan. Apalagi, menurut dia, instrumen keuangan berbasis syariah di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar 

    "Instrumen keuangan berbasis syariah di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan peran penting dalam kegiatan pembangunan nasional dan peningkatan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi saat bertemu dengan para pemangku kepentingan atau stakeholder dari sukuk negara di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 23 Desember 2016.

    Menurut Jokowi, semakin banyak instrumen surat utang, artinya masyarakat dalam dan luar negeri lebih leluasa untuk memilih investasi yang dibutuhkan. Menurut dia, ini juga merupakan wujud kebinekaan negara.

    "Yang ingin membeli sukuk silakan atau SBSN silakan. Tapi yang ingin membeli sukuk yang konvensional silakan. Inilah sekali lagi kebhinekaan kita," tegas Jokowi. 



    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id