PKS: Penyebar Hoaks Catut Nama Prabowo

Whisnu Mardiansyah - 10 Januari 2019 11:49 wib
Polisi menggiring BBP (tengah), tersangka kasus berita hoax saat
Polisi menggiring BBP (tengah), tersangka kasus berita hoax saat Rilis berita hoax 7 kontainer surat suara tercoblos, di Divisi Humas, Mabes Polri, Jakarta. Foto: Antara/Reno Esnir.

Jakarta: Wakil Majelis Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid membantah penyebar hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos adalah relawan calon presiden Prabowo Subianto. Pelaku dianggap hanya mengaku-ngaku bagian dari relawan. 

"Menurut saya sih layak apabila BPN (Badan Pemenangan Nasional) Prabowo-Sandi memperkarakan yang bersangkutan karena dia sudah mencatut nama dan mengaitkan dengan BPN Prabowo-Sandi," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 10 Januari 2019.

Anggota Dewan Pengarah BPN itu menegaskan pasangan nomor urut 02 tidak mengakui adanya relawan mengatasnamakan koordinator nasional relawan Prabowo-Sandi. Hal itu pun sudah dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. 

"Jadi lembaga itu tidak dikenal dalam BPN Prabowo-Sandi dan karena itu jadi harus dipertanyakan," ujar Hidayat.

Menurut dia, siapa pun pelakunya, tindakan menebar hoaks tidak bisa dibenarkan. Apalagi, kata Hidayat, hoaks itu terkait informasi Pemilu 2019. "Saya sendiri tegas menyampaikan bahwa tidak boleh ada informasi menyesatkan semacam itu," pungkas dia.

Baca: TKN Duga Masih Ada Aktor Intelektual Hoaks Surat Suara

Sebanyak empat pelaku hoaks surat suara tercoblos ditangkap Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Satu di antaranya adalah Bagus Bawana Putra (BBP), sang pembuat konten.

Hoaks disebarkan BBP melalui Twitter untuk menarik simpati masyarakat. Ia kemudian menutup akun. Barang bukti ponsel yang dipakai beserta kartu di dalamnya lalu dibuang. BBP lalu keluar dari Jakarta.

"Pelaku ditemukan di wilayah Sragen, Jawa Tengah," ucap Kasubdit I Dittipid Siber Kombes Dani Kustoni di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.




(OGI)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.