Jokowi: Tax Ratio Naik Drastis Bikin Syok Ekonomi

    Desi Angriani - 13 April 2019 23:22 WIB
    Jokowi: Tax Ratio Naik Drastis Bikin Syok Ekonomi
    Paslon 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta Paslon 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam debat pilpres kelima, di Jakarta, 13 April 2019. (Foto: Antara).
    Jakarta: Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menegaskan tax rasio tidak bisa dinaikkan secara drastis sebagaimana keinginan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Kenaikan rasio pajak yang tidak perlahan akan menyebabkan keguncangan ekonomi dalam negeri.

    "Kalau dalam setahun kita menaikkan drastis tax rasio seperti yang diinginkan pak Prabowo. Misal 5 persen dari GDP kita artinya Rp750 triliun. Apa yang terjadi, akan terjadi shock ekonomi," ujar Jokowi dalam debat capres-cawapres kelima mengenai ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan dan industri di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu 13 April 2019.

    Karena itu, pemerintah menaikkan rasio pajak secara bertahap dengan menaikkan tax base atau dasar pengenaan pajak, baik pajak penghasilan dan bisnis, pajak konsumsi maupun pajak kekayaan.

    "Melalui tax amnesty kita Rp4800 triliun dan dapatkan income Rp114 triliun. Kita ingin agar tax base kita semakin besar sehingga income semakin banyak. Kalau langsung disampaikan tadi, akan ada shock economy," tutur dia.

    Jokowi pun berjanji akan terus melakukan reformasi di bidang pelayanan pajak. Salah satu yang sudah dilakukan pemerintah dengan mendorong pembayaran pajak secara online atau melalui efilling. 

    "Sekarang bapak sampaikan SPT tahunan lewat efilling dari rumah bisa diterima. Inilah reformasi di bidang perpajakan. Memang masih banyak yang perlu kita benahi dalam penerimaan pajak," tambahnya.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id