Eks Kepala Daerah hingga Menteri Lolos ke DPR

    Nur Azizah - 31 Agustus 2019 16:03 WIB
    Eks Kepala Daerah hingga Menteri Lolos ke DPR
    Ilustrasi Medcom.id
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 575 anggota DPR terpilih periode 2019-2024. Dari 575 anggota tersebut beberapa di antaranya merupakan eks kepala daerah, eks menteri, menteri hingga eks juru bicara Presiden Joko Widodo.

    Menteri era Jokowi yang dinyatakan lolos Parlemen ialah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Anak Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ini mendapat 404.034 suara sah. 

    Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly juga dinyatakan menjadi anggota DPR terpilih. Yasonna maju melalui PDI Perjuangan dan mendapatkan 124.848 suara.

    Eks jubir Jokowi, Johan Budi berhasil meraup 76.395 suara. Johan maju melalui PDI Perjuangan dari daerah pemilihan Jawa Timur VII.

    Eks Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga lolos ke DPR dengan peroleh 165.360 suara sah. Sama dengan Johan, Djarot juga maju melalui PDI Perjuangan.

    Sementara itu, eks Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi Asman Abnur juga berhasil menjadi anggota Dewan dengan meraih 76.021 suara sah. Asman maju melalui Partai Amanat Nasional (PAN).

    Eks Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring yang maju melalui Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga lolos ke Parlemen dengan mendapat 127.223 suara.

    Rapat penetapan anggota DPR terpilih ini digelar di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat. Rapat pleno diikuti oleh Bawaslu, perwakilan dari masing-masing partai, hingga Dewan Pers.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id