MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Jokowi Meyakini Quick Count 99 Persen Akurat

    Damar Iradat - 18 April 2019 18:51 WIB
    Jokowi Meyakini <i>Quick Count</i> 99 Persen Akurat
    Presiden Joko Widodo usai pertemuan dengan petinggi partai politik di Menteng, Jakpus. Foto: Medcom.id/Damar Iradat.
    Jakarta: Calon presiden (capres) petahana Joko Widodo menyebut hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 valid. Dia menilai hitung cepat lembaga survei dilakukan secara ilmiah.

    "Dari pengalaman-pengalaman pemilu yang lalu, akurasinya 99 persen hampir sama dengan penghitungan real count," kata Jokowi usai bertemu dengan sejumlah ketua umum partai politik (parpol) koalisi di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 18 April 2019. 
    Jokowi pun mensyukuri perolehan suaranya bersama Ma'ruf Amin yang mengungguli suara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno versi hitung cepat,. Sejumlah lembaga survei menyebut perolehan suara Jokowi-Ma'ruf mencapai sekitar 54,5 persen.

    "Kami menyampaikan bahwa hasil quick count dari 12 lembaga survei menyatakan Jokowi-Kiai Haji Ma'ruf Amin mendapatkan persentase 54,5 persen dan Prabowo-Sandi mendapatkan 45,5 persen," tegas dia.

    Namun demikian, Jokowi minta semua pihak untuk tetap bersabar dan menunggu hasil penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Bagaimanapun, jelas dia, pemenang Pilpres ditetapkan oleh KPU.

    Berdasarkan hitung cepat, capres-calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin diprediksi memenangi Pilpres 2019. Sejumlah lembaga survei menyebut Jokowi-Ma’ruf meraih rata-rata 54 persen suara, sedangkan Prabowo-Sandi 45 persen.

    Namun, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menegaskan hasil hitung cepat hanya bisa dijadikan sebuah referensi. KPU akan mengumumkan resmi hasil perhitungan suara yang sah pada 22 Mei 2019.

    Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyampaikan terima kasihnya kepada pihak-pihak yang telah ikut menyukseskan jalannya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Mereka di antaranya KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

    Baca: Jokowi Dapat Selamat dari Mahathir hingga Erdogan

    Ia juga menyampaikan terima kasih kepada TNI dan Polri yang telah mengamankan proses pemilu. Menurut dia, pemilu dapat berjalan dengan lancar dan damai karena mereka.

    Tidak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang turut berpartisipasi dan aktif dalam pemilu ini. Jokowi juga mengapresiasi partai koalisi yang telah mendukungnya selama ini. 

    Sore tadi, Jokowi mengumpulkan petinggi partai koalisi. Mereka yang hadir adalah  Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie. 

    Selain itu, acara ini juga dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Asrul Sani, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate, politikus PDI Perjuangan Pramono Anung, serta Ma'ruf Amin.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id