Milenial Bukan Sekadar Komoditas Pemilu

    M Sholahadhin Azhar - 07 Desember 2018 08:00 WIB
    Milenial Bukan Sekadar Komoditas Pemilu
    Sejumlah pelajar SMA dan SMK mengambil surat suara saat mengikuti simulasi Pilkada kegiatan Pendidikan Politik Pemilih Pemula. Foto: MI/Bary Fathahilah
    Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin secara berkala menerima perhimpunan anak muda di kediamannya. Ma'ruf menyebut hal ini sangat efektif untuk mendengar aspirasi kaum milenial itu. Menurutnya, para generasi muda bukanlah sekedar komoditas dalam pemilihan umum.

    "Oleh karena itu, kami buka ruangan untuk menyampaikan aspirasi sehingga ada komunikasi. Ini penting saya kira. Bukan sekadar digiring-giring coblos," ujar Ma'ruf di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Desember 2018.

    Kemarin, pihaknya menerima kunjungan Relawan Milenial Jokowi-Ma'ruf (Remaja) di kediamannya. Kegiatan serupa memang sering dilakukan Ma'ruf untuk menyaring aspirasi pemuda. Sebab para milenial juga ingin didengar.

    "Sering dialog antara generasi old, dengan generasi zaman now. Sering kali sore-sore datang, kebetulan saya di rumah, diskusi," beber Ma'ruf.

    Setiap generasi, kata dia, selalu memiliki pesan tersendiri, tak terkecuali kaum milenial. Meski tak membeberkan detail aspirasi mereka, Ma'ruf menegaskan pihaknya tak akan menjadikan mereka 'sapi perah'. Semua aspirasi dipastikan akan dicatat dan berusaha diakomodasi jika dirinya terpilih.

    "Mereka itu kan umumnya, tidak hanya diambil suaranya, suruh coblos, tidak hanya dipungut suaranya untuk nyoblos. Tapi mereka juga ingin di dengar aspirasinya," tegas Ma'ruf.

    Baca: Milenial Diminta Melek Politik

    Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini membeberkan, bahwa generasi milenial memiliki kelebihan tersendiri dibanding generasi lainnya. Pertama yakni potensi untuk menjadi pemimpin di masa selanjutnya. Merekalah yang menentukan gerak langkah Indonesia ke depan.

    Dengan melibatkan mereka secara aktif di Pemilu 2019, Ma'ruf yakin pihaknya telah membuat perubahan ke arah lebih positif. "Kita libatkan dalam menyampaikan aspirasi. Sebab kalau tidak tertampung untuk apa kami dilibatkan. Saya kira itu," tandas dia.





    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id