Masyarakat Diminta Tak Pilih Calon Pemimpin 'Beramplop'

    Juven Martua Sitompul - 03 April 2019 09:39 WIB
    Masyarakat Diminta Tak Pilih Calon Pemimpin 'Beramplop'
    Warga memakai topeng sambil menunjukkan stiker bertuliskan
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta masyarakat memilih pemimpin jujur. Masyarakat diimbau untuk tidak memilih calon pemimpin yang terlibat dalam politik uang.

    "Pemilih harus jujur, jujur dalam artian jangan pernah pilih orang-orang yang akan memberikan uang untuk membeli suara, yang memberikan amplop jangan dipilih," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, 3 April 2019.

    Lembaga Antirasuah pada prinsipnya mendukung Pemilu 2019 berjalan sukses dan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang membawa perubahan negara ke arah lebih baik. "Apakah itu presiden dan wakil presiden, anggota DPR, DPD atau DPRD," ujarnya.

    Menurut Febri, KPK bersama dengan KPU telah sepakat mengumumkan daftar nama anggota DPR, DPD, dan DPRD yang sudah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN) ke publik. Pengumuman nama-nama itu diharapkan menjadi informasi bagi masyarakat untuk mengetahui rekam jejak para calon wakilnya di parlemen.

    Baca juga: KPK Segera Ungkap Caleg yang Tak Lapor Kekayaan

    "Jadi nanti rencananya kami akan undang KPU dan akan menyampaikan nama-nama itu," ucap dia.

    KPK juga akan membantu melaksanakan aturan KPU terkait kewajiban anggota Legislatif terpilih melaporkan harta kekayaannya. Bahkan, pelaporan LHKPN sebagai syarat legislator terpilih untuk dilantik.

    "Tapi nanti tentu detailnya terkait aturan ini, teman-teman KPU yang akan menyampaikan," kata Febri.

    Komisi Antikorupsi bakal mengajak generasi milenial untuk terlibat dalam pesta demokrasi tersebut. Terpenting, para milenial ikut menggaungkan Pemilu yang berintegritas.

    "Sehingga salah satu yang muncul tadi adalah memerangi politik uang, sebab itulah juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa pemilih harus jujur," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id