KPU Tunggu Penyampaian Keberatan Hasil Pemilu Hingga 24 Mei

    Candra Yuri Nuralam - 21 Mei 2019 11:49 WIB
    KPU Tunggu Penyampaian Keberatan Hasil Pemilu Hingga 24 Mei
    Komisioner KPU Hasyim Asyari. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla
    Jakarta: Komisi Pemiluhan Umum (KPU) memberi waktu tiga hari bagi pihak-pihak yang ingin menyatakan keberatan atas hasil final rekapitulasi suara Pemilu Serentak 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK). KPU memastikan saat ini belum mengumumkan pemenang, baik pemilu presiden maupun legislatif.

    "Dalam jangka waktu 3x24 jam terhitung sejak 21 Mei 2019 pukul 01.46 WIB sampai 24 Mei 2019 pukul 01.46 WIB adalah masa pendaftaran gugatan PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum) ke MK," kata Komisioner KPU Hasyim Asyari di Jakarta, Selasa, 21 Mei 2019.

    Hasyim menjelaskan KPU akan langsung mengumumkan pemenang jika dalam waktu tiga hari tidak ada gugatan. KPU juga akan berkoordinasi dengan MK.

    "Setelah mendapat konfirmasi dari MK, KPU melangkah ke tahapan berikutnya yaitu penetapan hasil pemilu berupa penetapan paslon terpilih dengan surat keterangan dari KPU," ujar Hasyim.

    Baca juga: Ma'ruf Yakin 22 Mei Tak Ricuh

    Gugatan atas hasil rekapitulasi suara diminta menyertakan bukti. Pelaporan diharapkan disertai bukti-bukti autentik yang menjelaskan pertimbangan keberatan.

    "Hasil pemilu yang digugat ke MK adalah perolehan suara yang potensial memengaruhi perolehan kursi atau calon terpilih," tutur Hasyim.

    Hasyim menegaskan pihaknya belum akan mengumumkan pemilu dalam waktu dekat. KPU hanya mengumumkan hasil rekapitulasi yang sudah rampung.

    "Dalam hal pilpres belum ditetapkan calon terpilih, yang sudah ditetapkan (hanya) perolehan suara paslon," tegas Hasyim.

    Baca juga: Kubu Prabowo-Sandi Tolak Hasil Rekapitulasi Pemilu 2019

    KPU resmi menetapkan hasil rekapitulasi nasional perolehan suara Pemilu 2019. Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul.

    "Memutuskan, menetapkan keputusan KPU tentang hasil pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD secara nasional dalam Pemilu 2019," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta, Selasa, 21 Mei 2019.

    Hasil rekap dalam berita acara yang dibacakan Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik, Jokowi-Ma'ruf memperoleh 85.607.362 (55,50 persen) suara sementara paslon Prabowo-Sandi memperoleh 68.650.239 (44,50 persen) suara. Berdasarkan rekap KPU, selisih suara kedua paslon sebanyak 16.957.123 suara atau 11 persen.

    KPU menetapkan total pemilih di dalam maupun luar negeri sebanyak 199.987.870 warga. Sebanyak 158.012.506 pemilih menggunakan hak suaranya, sehingga bisa dikatakan partisipasi pemilih dalam pilpres mencapai 81,97 persen.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id