Pengusutan Hoaks Surat Suara Murni Penegakan Hukum

Lukman Diah Sari - 09 Januari 2019 18:43 wib
Jaksa Agung M Prasetyo. Foto: MI/Bary Fathahilah
Jaksa Agung M Prasetyo. Foto: MI/Bary Fathahilah

Jakarta: Jaksa Agung M Prasetyo menegaskan, proses hukum terhadap laporan hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos murni penegakan hukum. Penetapan tersangka yang dilakukan Polri, kata Prasetyo sesuai dengan fakta dan bukti yang ditemukan.

"Ini sepenuhnya konteks dari penegakan hukum, tidak ada politisasi kriminalisasi dan sebagainya. Semua berdasarkan fakta dan bukti," tegas Prasetyo di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.

Prasetyo menuturkan, kelak semua yang berkaitan dengan kasus tersebut bakal dibuka dalam persidangan. Sehingga setiap pihak bisa menilai keabsahan kasus tersebut.

"Mereka yang dituduhkan sejak awal diberikan kesempatan luas untuk bela diri dan mangkir. Tapi mangkir juga harus dilandasi penjelasan masuk akal," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Prasetyo, tugas jaksa penuntut umum akan membuktikan dakwaan di persidangan. Penyidik Polri, kata dia, telah memiliki bukti.

"Semua akan diungkap di persidangan," tandasnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya juga telah menerima surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) terkait kasus hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos. Pihaknya tengah menunggu kelengkapan berkas dari penyidik.

Baca: Loyalis Paslon Pilpres Diajak Setop Hoaks

Perkara hoaks surat suara tercoblos kudu dituntaskan dan diklarifikasi. Bila dibiarkan akan memberi pandangan keliru dan menganggu legitimasi pemilu.

"Kalau terjadi akan sangat memberikan efek tidak baik bagi praktek demokrasi Indonesia," jelasnya.

Terkait adanya hoaks selama pemilu, Jaksa Agung mengaku telah memberi instruksi khusus kepada jaksa di setiap wilayah. Yakni, untuk menjaga harkat dan martabat pemilu.

"Sekarang sudah ada kecenderungan yang kita lihat dan dengar ada beberapa pihak yang berusaha mendelegitimasi para penyelenggara pemilu dengan terakhir kemarin ada isu hoaks yang ditangani penyidik Polri," tandasnya. 

Bareskrim Polri telah menangkap empat tersangka hoaks 7 kontainer surat suara tercoblos. Salah satu dari empat tersangka, ialah kreator hoaks surat suara yakni BBP.

BBP sempat kabur dari DKI Jakarta, dan ditangkap di Garut, Jawa Barat. BBP bahkan sempat membuang barang bukti, sesaat setelah memviralkan hoaks tersebut. 

Baca: Penangkapan Kreator Hoaks Menyelamatkan Demokrasi

BBP sempat kabur dari DKI Jakarta, dan ditangkap di Garut, Jawa Barat. BBP bahkan sempat membuang barang bukti, sesaat setelah memviralkan hoaks tersebut. 




(DMR)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.