MK Gelar Sidang Putusan PHPU Terakhir

    Antara - 09 Agustus 2019 10:10 WIB
    MK Gelar Sidang Putusan PHPU Terakhir
    Suasana sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak)
    Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang lanjutan pembacaan putusan Perselisihan Hasil pemilihan umum (PHPU). Total, ada 55 dari 260 perkara yang akan diputuskan hasilnya oleh Majelis Hakim Konstitusi.

    Sidang hari ini merupakan yang terakhir dari seluruh rangkaian perkara sengketa hasil Pileg 2019 yang telah digelar sejak Selasa, 6 Agustus 2019. Sidang pembacaan putusan digelar
    untuk 12 provinsi yaitu; Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Barat, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua.

    Mahkamah Konstitusi sebelumnya menerima 260 perkara sengketa hasil Pileg 2019. Majelis hakim yang dibagi menjadi tiga panel pun menggelar sidang pemeriksaan pendahuluan disusul dengan mendengarkan keterangan KPU, pihak terkait, dan Bawaslu.

    Baca juga: Revisi Suara Belum Tentu Ubah Perolehan Kursi orang hakim konstitusi.

    Kemudian pada Senin, 22 Juli 2019 Mahkamah melalui putusan sela menyatakan tidak melanjutkan 58 gugatan dari 260 perkara PHPU Pileg 2019. Dalam putusan tersebut dinyatakan 122 perkara dilanjutkan ke tahap pembuktian, sementara 80 perkara lainnya yang tidak disebutkan dalam pembacaan putusan sela kembali dipanggil pada pembacaan putusan akhir.

    Sejak Selasa, 23 Juli 2019, Mahkamah Konstitusi menggelar sidang pembuktian PHPU Pileg 2019 untuk 122 perkara tersebut. Persidangan untuk perkara sengketa hasil Pemilu Legislatif ini terbagi dalam tiga ruang sidang panel.

    Masing-masing panel diisi oleh hakim konstitusi yang merupakan keterwakilan dari Mahkamah Agung, Pemerintah, dan DPR. Namun untuk pembacaan putusan dan ketetapan, sidang akan dilakukan secara pleno atau dihadiri oleh sembilan orang hakim konstitusi.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id