KPU Siap Umumkan Daftar Tambahan Caleg Eks Koruptor

    Faisal Abdalla - 01 Februari 2019 16:04 WIB
    KPU Siap Umumkan Daftar Tambahan Caleg Eks Koruptor
    ilustrasi--MI/Susanto
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan 49 nama-nama calon anggota legislatif mantan terpidana korupsi. Tak menutup kemungkinan daftar caleg eks koruptor bertambah panjang.

    "Setelah kami mengumumkan 49 (caleg eks koruptor) itu, kami juga menerima catatan dan masukan dari daerah. (Kata mereka), Pak, ternyata di tempat kami ada (caleg eks koruptor) yang belum masuk," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Februari 2019.

    Komisioner KPU Ilham Saputera menegaskan KPU bakal mengecek kembali daftar caleg eks koruptor ke KPU daerah dalam waktu satu minggu ke depan. Jika seluruhnya sudah terdata, KPU akan kembali merilis daftar caleg eks koruptor terbaru.

    Ilham enggan membeberkan berapa jumlah tambahan caleg eks koruptor. Dia mengatakan angka pastinya baru bisa diketahui setelah proses pengecekan di daerah rampung.

    "Kita tunggu kemudian data ini fix dulu, sudah selesai tanpa terlewatkan supaya tidak ada nanti perlakuan yang berbeda. Jangan nanti yang 49 kok diumumkan, sisanya enggak," tandas Ilham.

    Baca: NasDem Sepakat Caleg Eks Koruptor Publikasikan Rekam Jejak

    Total ada 49 mantan napi korupsi nyaleg, 40 di antaranya merupakan caleg DPRD tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Sembilan lainnya merupakan caleg DPD.

    Dari data yang dikeluarkan KPU, hanya empat partai politik yang bebas dari caleg koruptor, yakni NasDem, PKB, PPP, dan PSI. Sementara, Golkar dan Gerindra menjadi partai politik yang paling banyak membolehkan eks napi korupsi nyaleg. Golkar punya delapan caleg, sementara Gerindra enam caleg eks koruptor.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id