Bawaslu Siap Bersinergi dengan KPK Terkait Politik Uang

    Juven Martua Sitompul - 12 April 2019 07:00 WIB
    Bawaslu Siap Bersinergi dengan KPK Terkait Politik Uang
    Ketua Bawaslu RI Abhan/Medcom.id/Failsa Abdalla
    Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bakal bersinergi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi terkait maraknya politik uang dalamPemilu 2019. Semua informasi praktik politik kotor yang dimiliki KPK bakal ditindaklanjuti Bawaslu.

    "Kami bisa bersinergi, misal kami ada info masyarakat yang diberkan ke KPK, kami akan tindak lanjuti," kata Ketua Bawaslu Abhan di sela-sela peringatan dua tahun teror kasus penyiraman air keras mangkrak di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 11 April 2019.

    Abhan mengatakan sejauh ini ada 25 kasus politik kotor yang ditangani Bawaslu. Sebagian besar telah divonis dengan sanksi administrasi sampai diskualifikasi.

    "Sudah vonis, bahkan 22 sudah inkrah. Sudah punya kekuatan hukum kuat, sehingga dieksekusi sanksi administratif didiskualifikasi," ujarnya.

    Abhan meminta politik uang dalam penyelenggaraan Pemilu dihentikan. Bawaslu bakal memaksimalkan upaya pencegahan terhadap praktik politik kotor menjelang hari pencoblosan.

    "Upaya pencegahan kami lakukan dengan melakukan patroli pengawasan, dengan membentuk jajaran kami sampai di tingkat desa tanggal 14,15,16 April, patroli di seluruh daerah. Ini untuk menyampaikan pesan agar ruang kecurangan tak bisa dilakukan," pungkasnya.




    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id