Bawaslu Gelar Sidang Dugaan Pelanggaran Pemilu

    M Sholahadhin Azhar - 29 Mei 2019 10:56 WIB
    Bawaslu Gelar Sidang Dugaan Pelanggaran Pemilu
    Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko)
    Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar sidang pendahuluan dugaan pelanggaran pemilihan umum. Kepala Humas Bawaslu Ferdinand Eskol Sirait menyebut ada sembilan daerah yang akan menjalani sidang hari ini.

    "Sidang putusan pendahuluan laporan dugaan pelanggaran pemilu digelar hari ini, Rabu 29 Mei pukul 09.00 WIB," ujar Ferdinand, di Jakarta, Rabu, 29 Mei 2019.

    Ferdinan memerinci daerah pertama gugatannya akan diputuskan Bawaslu yakni Bangkalan, Madura, dengan pelapor Nur Faizin dan terlapor KPU Kabupaten Bangkalan. Gugatan ini teregistrasi dalam laporan bernomor 15/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019.

    Masih dari Madura, laporan yang sama juga dialamatkan untuk menggugat KPU Kabupaten Pamekasan. Pelapor Abdul Qadir Amir Hartono juga melaporkan KPU Kabupaten Bangkalan dan Sampang di laporan dengan register 22/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019.

    Baca juga: Moeldoko: 78 Persen Pegawai BUMN Pilih Prabowo-Sandi

    Daerah selanjutnya yakni Manado. Ada laporan dugaan kecurangan oleh pelapor Herry Arnold Kolondam dengan terlapor KPU Kota Manado yang diregistrasikan dalam laporan bernomor 16/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019.

    Selanjutnya, Bawaslu juga membeberkan laporan dugaan kecurangan di Provinsi Jawa Tengah, dengan pelapor Kurniawan Budi Prasetyo dan Rangga Panitis Whisnu Pratama. Adapun laporan bernomor 18/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 itu menjadikan KPU Provinsi Jawa Tengah sebagai pihak terlapor.

    Masih dari provinsi yang sama, Bawaslu menerima laporan dugaan kecurangan dari pelapor Saiful Hadi untuk menggugat KPU Provinsi Jawa Tengah dan KPU Kabupaten Klaten. Laporan ini bernomor 19/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019.

    Selain itu, ada juga laporan dari Lalu Wirakasa yang menuding adanya kecurangan Pemilu di Kabupaten Lombok Tengah. Gugatan dengan register 23/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 ini menjadikan KPU Kabupaten Lombok Tengah sebagai terlapor.

    Baca juga: Bawaslu Akan Evaluasi Pemilu Usai Gugagat MK Kelar

    Bawaslu juga melayani laporan dari Abdul Rachman Lahabato yang menggugat KPU Kab Morotai, KPU Kab Halmahera Utara. KPU Halmahera Selatan. KPU Halmahera Tengah sebagai pihak terlapor. Laporan ini terregister dengan nomor 27/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019.

    Laporan selanjutnya diterima dari Ikbal Hi Djabid yang menggugat Ketua dan Anggota KPU Provinsi Maluku Utara dengan nomor register 29/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019. Terakhir, ada laporan dari Papua yang terregister 32/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019.

    Di perkara ini, Komarudin Watuban sebagai terlapor menggugat KPU RI, KPU Provinsi Papua, KPU Kabupaten di Papua.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id