KPU Terus Sisir Kemungkinan WNA Terdaftar Pemilih

    Faisal Abdalla - 09 Maret 2019 14:48 WIB
    KPU Terus Sisir Kemungkinan WNA Terdaftar Pemilih
    Komisioner KPU Hasyim Asyari. (Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla)

    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan penyisiran terhadap kemungkinan adanya warga negara asing (WNA) terdaftar pemilih pemilu 2019. KPU memastikan akan menghapus semua WNA dari daftar pemilih tetap (DPT).

    "KPU terus melakukan penyisiran sehubungan dengan temuan itu," kata Komisioner KPU, Hasyim Asyari usai diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu, 9 Maret 2019.

    Hasyim menegaskan undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu mengatakan hanya WNI yang memenuhi syarat yang boleh didata sebagai pemilih. Di luar ketentuan itu, KPU memastikan akan mencoret mereka jika terdata di DPT.

    "Jadi kalau ditemukan data bukan warga negara Indonesia, KPU harus coret nama-nama itu," ujarnya.

    Penyisiran yang dilakukan KPU dilakukan melalui dua tahap. Pertama penyisiran data, setelah itu KPU melakukan verifikasi di lapangan.

    Baca juga: Tim Gabungan Dibentuk Atasi WNA Terdaftar Pemilih


    Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membentuk tim teknis gabungan. Tim ini dibentuk untuk mengatasi persoalan warga negara asing (WNA) yang terdaftar sebagai pemilih Pemilu 2019.

    KPU telah mencoret 174 WNA dari DPT pemilu 2019. 101 WNA pemilik KTP-el dicoret KPU berdasarkan laporan dari Dukcapil Kemendagri, sementara 73 sisanya merupakan temuan dari jajaran KPU di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. 

    KPU membuka kontak center melalui aplikasi pesan instan WhatsApp di nomor 082123535232. Masyarakat dapat melaporkan jika menemukan WNA terdata di DPT dengan menyampaikan data WNA yang bersangkutan beserta foto KTP-elnya. KPU akan menjaga kerahasiaan data WNA tersebut.

    Masyarakat juga dapat terus memantau DPT dengan mengunjungi laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Melalui situs itu setiap orang dapat mengakses pemilih berdasarkan nama, alamat, dan TPS serta dapat langsung melaporkan apabila menemukan ada WNA yang masih masuk DPT.

    Baca juga: KPU Cek 1.680 WNA Pemilik KTP-el





    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id