Slogan Pembangunan Tanpa Utang Dinilai Tak Rasional

    Candra Yuri Nuralam - 12 Februari 2019 05:00 WIB
    Slogan Pembangunan Tanpa Utang Dinilai Tak Rasional
    Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Johnny G Plate - Medcom.id/Fajar Nugraha.
    Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Kabinet Indonesia Kerja (TKN-KIK), Johnny G Plate menyebut jargon capres nomor urut 02 Sandiaga Uno terkait membangun Indonesia tanpa utang tidak masuk akal.

    "Yang dimaksud tanpa utang ini apa ? Kan membingungkan rakyat. Kita bisa membangun tanpa utang seperti apa ?," kata Johnny dalam acara Prime Time News Metro TV, Senin 11 Februari 2019.
    Johnny menjelaskan ada tiga kategori utang dalam biaya pembangunan yang terjadi di Indonesia. Ketegori itu masuk dalam utang APBN, utang melalui Pembiayaan Infrastruktur (PINA) untuk non-APBN dan utang komersial yang dilakukan oleh perusahaan mitra yang bekerjasama.

    Menanggapi jargon Sandiaga, Johnny menilai hal itu sulit dilakukan. Terlebih, lanjutnya, Sandi tidak memberi detail jelas mengenai maksud pembangunan tanpa utang.

    "Misalnya Pak Sandiaga membangun jalan tol dalam skema PPP (kerjasama pemerintah dan badan usaha) tanpa utang. Kata siapa tanpa utang ? tanpa utang negara iya, tapi pak Sandi menandatangani sindikasi utang dengan infestro," ujar Sekjen Partai NasDem ini.

    Lebih lanjut, jargon Sandi dinilai sebagai pembiasan opini publik. Mantan Wakil Gubernur DKI ini, kata dia, diminta lebih detail dalam penyampaian jargonnya kepada masyarakat.

    "Kalau dibilang tanpa utang ini bagian dari pembiasan informasi publik. Tapi secara spesifik kita pembangunan APBN tanpa utang itu bisa tergantung keputusan pemerintah dan DPR," pungkas Johnny.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id