Pakar: Gestur Prabowo di Debat Cenderung Manipulatif

    Cindy - 13 April 2019 21:43 WIB
    Pakar: Gestur Prabowo di Debat Cenderung Manipulatif
    Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon wakil presiden nomor urut 01 Maruf Amin saat debat. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto memulai sesi dengan memainkan kacamata. Menurut Pakar gestur tubuh Monica Kumalasari, hal itu merupakan gerakan memanipulasi.

    "Pak Prabowo bolak balik pegang kacamata. Ini disebut manipulative gesture. Tetapi Pak Jokowi juga melakukan itu (memegang siku) dan lama sekali di situ," katanya dalam live event debat Kelima Capres Cawapres 2019 Medcom.id di Jakarta, Sabtu, 13 April 2019. 

    Menurutnya hal itu tak terlepas dari perilaku Prabowo sebelumnya. Misalnya aksi menggebrak podium saat kampanye akbar yang sempat viral di media sosial. 

    Kondisi Jokowi juga tak berbeda jauh. Terlebih petahana baru saja merampungkan kampanye akbar bertajuk Konser Putih Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. 

    "Gesture (Jokowi dan Prabowo) tidak terlalu dominan. Saya menghubungkan ini dengan apa yang terjadi dalam satu minggu belakangan," tutur Monica. 

    Khusus untuk Jokowi, Monica melihat calon presiden nomor urut 01 itu sedikit terbawa emosi saat debat. Terutama ketika Prabowo mengucapkan bahwa ekonomi Indonesia salah arah. 

    "Beliau (Jokowi) bergoyang di kaki dan ada gerakan di bibir pertanda bahwa itu marah," terangnya.   

    Debat kelima capres cawapres kini tengah berlangsung. saat ini pasangan calon (paslon) 01 dan 02 sedang menyatakan pendapat tentang kesejahteraan sosial.

    Debat dilaksanakan di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta. Tema untuk debat kali ini adalah ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi dan industri. 



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id