KPU dan KPK 'Lawan' Politik Uang

    Achmad Zulfikar Fazli - 03 April 2019 14:33 WIB
    KPU dan KPK 'Lawan' Politik Uang
    Warga membubuhkan tanda tangan di papan baliho saat mengikuti Sosialisasi pengawasan partisipasif dan deklarasi tolak politik uang di Kudus, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Yusuf Nugroho)
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjalin kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam bidang sosialisasi dan pendidikan pemilih. Hal itu untuk menjadikan pemilih yang berdaulat.

    "Salah satu aspek pemilih berdaulat, pandangan KPU dan KPK adalah pemilih yang dalam mengunakan hak pilihnya tidak dipengaruhi politik uang," ujar Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan di Jakarta, Rabu, 3 April 2019.

    Wahyu mengatakan kerja sama antara KPU dan KPK akan fokus pada perlawanan terhadap praktik politik uang di Pemilu 2019. Dua lembaga tersebut akan mengemukakan jargon 'Pemilih Berdaulat Negara Kuat dan Pilih Yang Jujur'.

    Baca juga: Masyarakat Diminta Tak Pilih Calon Pemimpin 'Beramplop'

    Kerja sama ini baru akan dimulai pada 7 April 2019. Dalam kesempatan itu sekaligus diselenggarakan Pemilu Run 2019.

    "Kegiatan Pemilu Run dipusatkan di Jakarta dan serentak dilaksanakan oleh KPU provinsi, KPU kabupaten/kota, dan KPU di seluruh Indonesia," ucap dia.

    Wahyu menambahkan sosialisasi dan pendidikan pemilih juga akan dilakukan pada debat kelima, Sabtu, 13 April 2019, melalui penayangan iklan layanan masyarakat.

    Pelaksanaan pendidikan pemilih terkait politik uang ini, kata dia, akan berkesinambungan pasca Pemilu 2019, lewat masing-masing program KPU dan KPK. KPU pun sudah mempunyai program pendidikan pemilih berbasis keluarga, dan KPK mempunyai program pendidikan anti korupsi berbasis keluarga.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id