KPU Bantah Konsultan IT Pendukung Prabowo

    Kautsar Widya Prabowo - 21 April 2019 06:30 WIB
    KPU Bantah Konsultan IT Pendukung Prabowo
    Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyangkal salah satu anggota konsultan teknologi informasi (TI) pada Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) ikut terlibat dalam gerakan #2019GantiPresiden. Polemik tersebut mencuat setelah adanya pihak yang menggungah foto mengenakan busana #2019GantiPresiden, dengan nama Yudis Yudistira. 

    Ketua Umum KPU Arief Budiman mencoba mengkalrifkasi isu-isu yang tidak bertanggung jawab itu. Menurut dia, hal tersebut hanya ada kesamaan nama dengan salah satu anggota konsultan  IT KPU tersebut. 

    "Namanya saya lupa, namanya Yudistira. Pokoknya namanya itu mirip begitu lah," ujar Arief di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Sabtu, 20 April 2019. 

    Arief juga sempat mengklarifikasi kepada Yudis yang merupakan anggota konsultan TI KPU. Hasilnya terdapat perbedaan wajah dengan foto Yudis yang mengenakan baju gerakan #2019GantiPresiden.

    "Saya sudah ketemu mana yang namanya Yudis, (dipanggil) Yudis sini kamu bener ini ? (foto yang tersebar), enggak itu bukan saya," tutur Arief.

    Kendati demkian, Arief membenarkan bahwa Yudis merupakan alumni dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Pihak ITB yang saat ini mengelola Situng.

    "Itu orang ITB, KPU kerjasama dengan ITB. ITB lah yang mengerjakan ini (Situng). ITB merekrut orang-orang ITB," tuturnya.

    Sebelumnya, beredar Informasi mengenai konsultan TI KPU mengendalikan Situng, dengan nama lengkap Yudistira Dwi Wardhana Asnar. Yang bersangkutan lulusan teknik informasi ITB angkatan 1997 dan ikut menjadi simpatisan pasangan calon presiden dan wakil presiden 02.

    Bahkan dikabarkan juga menjadi Super Admin dalam Situng KPU yang mempunyai kewenangan menentukan username dan password operator Situng KPU, serta koreksi hasil input data perolehan suara Paslon Pilpres 2019.



    (DMR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id