BSSN Ajak KPU Bekerja Sama Cegah Serangan Siber

    Fachri Audhia Hafiez - 10 Februari 2019 04:01 WIB
    BSSN Ajak KPU Bekerja Sama Cegah Serangan Siber
    Ilustrasi kejahatan siber. Ilustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
    Jakarta: Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Djoko Setiadi mengusulkan kerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Terutama, dalam mencegah gangguan terhadap data digital Pemilu 2019.

    Djoko mengatakan, data center milik KPU dijaga dengan ketat dari ancaman serangan siber. Potensi serangan siber inilah yang sangat dikhawatirkan. 

    "Kita menyampaikan rekomendasi bagaimana supaya tidak mudah diganggu dan diserang siapapun kami sudah membuat beberapa rekomendasi untuk ditindaklanjuti KPU," kata Djoko di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 Februari 2019.

    Djoko mengatakan, BSSN menjamin soal objektifitas dan keamanan data yang dimiliki KPU. BSSN hanya membantu memberikan perlindungan data guna mencegah gangguan seperti pencurian atau perubahan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

    "Jadi kita tetap komitmen bahwa kami disumpah seumur hidup, tidak perlu diragukan soal keberpihakan dan kami independen, netral," ujarnya.

    Djoko menyebut BSSN pernah pula merekomendasikan kerja sama penanganan serangan siber saat Pilkada Serentak lalu. BSSN juga menggandeng pemangku kepentingan terkait guna ikut mengamankan pemilu. 

    "BSSN selalu menggandeng kepada seluruh komponen stakeholder yang mempunyai kemampuan keamanan siber ini kita ajak bersama-sama untuk menyelesaikan masalah ini," ucap Djoko.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id